Berita Jatim

Masuk Destinasi Bali Baru, Tahun 2019 Jatim Andalkan Bromo Tengger Semeru Tarik Wisatawan

Masuk Destinasi Bali Baru, Tahun 2019 Jatim Andalkan Bromo Tengger Semeru Tarik Para Wisatawan.

Masuk Destinasi Bali Baru, Tahun 2019 Jatim Andalkan Bromo Tengger Semeru Tarik Wisatawan
SURYA/BENNI INDO
Para pengunjung memadati puncak di kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) untuk melihat matahari terbit dan kawasan Gunung Bromo. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim Sinarto, mengatakan daya tarik Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan tetap menjadi destinasi andalan Pariwisata Jatim di tahun 2019.

Ini untuk mendukung program nasional, menjadikan TNBTS menjadi satu dari 10 destinasi wisata 'Bali Baru' yang digagas oleh Kementerian Pariwisata.

"Kita juga akan saling berkolaborasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari yang juga punya fokus ke Bromo Tengger Semeru," kata Sinarto, Rabu (2/1/2018).

Wisatawan Gunung Bromo Meningkat, Pengelola Wisata Raup Pendapatan Miliaran Rupiah Libur Akhir Tahun

Untuk mendukung itu, Pemprov Jatim akan membantu menyelenggarakan atraksi.

"Kalau disana itu basisnya kebudayaan dan pariwisata ya kita coba untuk membantu memperkuat karakter atau identitas yang jelas sehingga bisa memperkuat identitas budaya Singosari," jelasnya.

Atraksi tersebut lanjutnya bisa dengan model pertunjukan dan pameran atau atraksi lain sesuai karakter KEK Singosari.

"Sehingga nantinya bisasa menjadi disertifikasi yang lain atau melengkapi kebudayaan yang dianggap menjadi hilir kepariwisataan di Jatim," tegasnya.

Hasil 12 Hari Ops Semeru Polda Jatim, 27 Orang Tewas Akibat Kecelakaan, Ini Lokasi Terbanyak Lakanya

Selain TNBTS, Sinarto menyebut ada Kawah Ijen, Kawah Wurung, Gili Labak dan destinasi wisata lain di Jatim yang juga menjadi fokus pengembangan destinasi wisata oleh Pemprov Jatim demi meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Yang tidak kalah penting, adalah Banyuwangi yang sudah mengajukan untuk menjadi Geopark dan sudah dinilai, tinggal menunggu kepastian dari UNESCO," ucapnya.

Seperti diketahui, Kementerian Pariwisata telah mengembangkan 10 destinasi “Bali Baru” untuk mendongkrak pemerataan pariwisata Indonesia.

Adapun 10 destinasi Bali Baru yang dikembangkan pemerintah adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, dan Borobudur di Jawa Tengah.

Cuaca Buruk, Jalur Pendakian ke Gunung Semeru Ditutup

Lalu Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Morotai di Maluku Utara. (TribunJatim.com/Sofyan Arif Candra Sakti)

Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved