Wortel dan Bayam Sumbang Inflasi Jember di Bulan Januari

Sejumlah sayuran menjadi penyumbang inflasi di Jember untuk bulan Januari 2019.

Wortel dan Bayam Sumbang Inflasi Jember di Bulan Januari
istimewa
ilustrasi sayuran 

TRIBUNMADURA.COM, JEMBER - Sejumlah sayuran menjadi penyumbang inflasi di Jember untuk bulan Januari 2019. Berdasarkan berita rilis dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jember, ada empat sayur mayur yang menjadi penyumbang dalam 10 penyumbang utama penyebab inflasi bulan Januari lalu.

Keempat sayur itu adalah wortel, bayam, tomat sayur, juga kacang panjang. Di kelompok bahan makanan, selain keempat sayuran itu juga ada bawang merah, beras dan daging sapi menjadi penyumbang inflasi. Selain ada kelompok lain yakni upah pembantu rumah tangga, sewa rumah, dan emas perhiasan.

Ceritakan Jokowi Rajin Ibadah, Khofifah: Sosok Pak Jokowi Adalah Pemimpin Panutan Umat Islam

Kepala BPS Jember Indriya Purwaningsih menyebut, angka inflasi bulan Januari mencapai 0,15 persen.

"Penyumbang inflasi terbanyak masih kelompok volatile food, tertinggi penyumbangnya wortel," ujar Indri dalam paparan di Kantor BPS Jember, Jumat (1/2/2019).

Angka inflasi Jember di bulan Januari termasuk dalam tiga angka terendah di Jatim, bersama Probolinggo dan Kediri. Angka inflasi di bulan Januari ini turun dibandingkan bulan Desember 2018 yang mencapai 0,49 persen.

Penghalang Tsunami dan Kurangi Polusi Udara, Pohon Cemara Udang Getol Ditanam Pemkot Surabaya

Sementara itu untuk penyumbang deflasi di Jember adalah bensin, jeruk, minyak goreng, teluar ayam ras, udang basah, daging ayam ras, tarif kereta api, besi beton, salak, dan handuk. (Sri Wahyunik)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved