Chinese Fragrance Doll Inspirasi Kerajinan Tangan Semarakkan Perayaan Imlek

Bagi Anda yang ingin merayakan Tahun Baru Imlek, tidak ada salahnya mencoba membuat kerajinan tangan chinese fragrance doll.

Chinese Fragrance Doll Inspirasi Kerajinan Tangan Semarakkan Perayaan Imlek
TRIBUNMADURA.COM/CHRISTINE AYU NURCHAYANTI
Suasana Workshop Chinese Fragrance Doll oleh Kana Furniture, Sabtu (2/2/2019) 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Bagi Anda yang ingin merayakan Tahun Baru Imlek, tidak ada salahnya mencoba membuat kerajinan tangan chinese fragrance doll.

Chinese fragrance doll ialah kerajinan tangan berupa boneka kertas seperti 
origami dan kokeshi doll asal Jepang. Namun tema yang yang diusung oleh kerajinan fragrance doll ini ialah chinese.

"Chinese fragrance doll ini bisa jadi koleksi dan hiasan di rumah. Selain itu, boneka yang sesuai dengan perayaan Tahun Baru Imlek ini juga bisa dijadikan hadiah," tutur Lusy Evylia Puspita, general manager PT Integriya Dekorindo.

Ditemui di sela-sela acara Workshop Chinese Fragrance Doll oleh Kana Furniture, Lusy Evylia Pupspita menuturkan, membuat boneka kertas tersebut bermanfaat untuk melatih kreativitas, imajinasi, dan motorik seseorang, khususnya pada anak-anak.

Untuk membuat satu chinese fragance doll, setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih dua jam bagi pemula.

Hal ini disampaikan Fenchilia Zhang, founder Origamine sekaligus instruktur  Workshop Chinese Fragrance Doll oleh Kana Furniture.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat chinese fragrance doll, tutur Lia, panggilan akrabnya, antara lain adalah spons yang sudah dibentuk badan meliputi leher sampai kaki, kertas washi, lem, gunting, benang, tas kecil berjaring untuk tempat pengharum, serta aksesoris tambahan seperti bunga berbahan kain.

Cara membuatnya, kertas disiapkan untuk bagian-bagian boneka. Yaitu kepala, wajah, leher (bejumlah dua), lengan, jari, rambut, penutup rambut, dan pakaian yang akan menyerupai pakaian tradisional cina yang kali ini meliputi baju, sabuk, dan pita.

Serta aksesoris tambahan seperti kipas yang juga terbuat dari kertas dan aksesoris kepala khas China.

"Pertama, siapkan spons yang sudah dibentuk. Lalu tempel bagian leher, lipat dan bentuk bagian baju, pasang sabuk baju, lalu tempel lagi bagian leher yang kedua," tutur Lia.

Halaman
12
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved