Berita Jember

Polres Jember Lacak Lokasi Produksi Rokok Tanpa Pita Cukai usai Tangkap 3 Pengantar Asal Pamekasan

Anggota Polres Jember akan terus melacak lokasi produksi rokok tanpa pita cukai yang disita, Kamis (31/1/2019) malam.

Polres Jember Lacak Lokasi Produksi Rokok Tanpa Pita Cukai usai Tangkap 3 Pengantar Asal Pamekasan
TRIBUNMADURA.COM/SRI WAHYUNIK
Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, dalam rilis rokok tak berpita cukai di Mapolres Jember, Jumat (1/2/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, JEMBER - Anggota Polres Jember akan terus melacak lokasi produksi rokok tanpa pita cukai yang disita, Kamis (31/1/2019) malam.

Pada kejadian tersebut, Polres Jember menetapkan tiga orang warga Kabupaten Pamekasan sebagai tersangka yakni Hariyono (44), Harigundi Sugiarto (27), dan Abdul Sukur (27).

"Namun ketiga orang ini hanya sebagai sopir dan pengantar. Upahnya Rp 20.000 per bal. Mereka bukan yang memproduksi. Ini masih kami kembangkan bersama pihak Bea Cukai," kata Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, Jumat (1/2/2019).

Seperti diberitakan sebelumnya, jajaran Polsek Jenggawah dan Polres Jember menggagalkan rencana transaksi rokok tanpa pita cukai sebanyak 126 bal atau 25.200 pak rokok.

Retribusi Parkir Pasar di Kabupaten Tuban Tak Capai Target, Hal Ini Disebut Jadi Faktor Utamanya

Rokok tanpa pita cukai itu dikirimkan dari Kabupaten Pamekasan kepada pemesan di Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember.

Penghentian terhadap mobil pengirim itu dilakukan di Jalan Raya Klatakan, Tanggul, Kabupaten Jember, Kamis (31/1/2019) malam.

"Pemesan seseorang di Jember kepada seseorang berinisial T di Pamekasan. Kami akan selidiki lagi apakah T ini pembuat atau produsen rokok ilegal ini," imbuh AKBP Kusworo Wibowo.

Pemkab Tuban Resmi Turunkan Target Pendapatan Retribusi Parkir Pasar Tahun 2019

Sementara itu, Kepala Kantor Bea Cukai Jember, Tubagus Firman Hermansjah mengatakan, kerugian negara akibat rokok tanpa pita cukai itu mencapai Rp 118 juta.

"Dari jumlah yang disebutkan Pak Kapolres bisa kami hitung nilai kerugian negara mencapai Rp 118 juta," kata Tubagus Firman Hermansjah yang mengikuti rilis di Mapolres Jember.

Tubagus Firman Hermansjah menjelaskan, pihak Bea Cukai Jember akan meneruskan penangkapan barang kena cukai oleh pihak Polres Jember.

JPL 8 Ketintang Surabaya Resmi Dibuka, Jam Operasional dari Pukul 5.00 - 22.00 WIB

"Kami akan lakukan penyelidikan dan penyidikan apakah memenuhi unsur pidana atau tidak. Pada prinsipnya, rokok itu barang kena cukai," jelas Tubagus Firman Hermansjah.

"Karena ini rokok polos artinya tanpa cukai maka melanggar Pasal 54 UU Cukai dengan ancaman hukuman minimal 1 tahun dan maksimal 5 tahun, juga ada denda 10 kali lipat dari kerugian negara," sambung dia.

Sementara untuk rokok tanpa pita cukai yang disita polisi dari Kabupaten Pamekasan itu merupakan rokok sigaret kretek mesin (SKM).

Jelang Tahun Baru Imlek, UK Petra Ajak Pengunjung PTC Surabaya Buat Lampion dan Angpao

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved