Berita Jember

Polisi Ungkap Kelompok Milenial Penyumbang Tertinggi Kecelakaan Lalu Lintas, Berikut Data Lengkapnya

Polisi Ungkap Kelompok Milenial Penyumbang Tertinggi Angka Kecelakaan Lalu Lintas, Berikut Data Lengkapnya.

Polisi Ungkap Kelompok Milenial Penyumbang Tertinggi Kecelakaan Lalu Lintas, Berikut Data Lengkapnya
TRIBUNMADURA/SRI WAHYUNIK
Deklarasi Millenial Road Safety Festival (MRSF), sebuah festival untuk berkampanye bagaimana berkendara dan berlalu lintas secara benar dan mengedepankan keselamatan di Jember, Minggu (24/2/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, JEMBER - Kalangan milenial mendominasi kasus kecelakaan lalu lintas di Jember dari sisi usia. Tidak hanya menjadi korban kecelakaan lalu lintas, mereka juga menjadi tersangka dalam kasus kecelakaan. Kelompok milenial ini dikategorikan masuk di usia 16 - 35 tahun.

Satlantas Polres Jember membagi dalam dua kelompok usia di kalangan milenial itu, yakni usia 16 - 25 tahun, dan 26 - 35 tahun.

Jika mengacu kepada usia, mereka termasuk dalam kelompok usia produktif. Kalangan ini ada yang masuk di kelompok pelajar, mahasiswa, juga pekerja muda.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menegaskan, mayoritas kasus kecelakaan lalu lintas di Jember terjadi kepada kalangan milenial.

"Baik sebagai korban, juga pelaku atau tersangka kecelakaan artinya orang yang bersalah dalam sebuah peristiwa kecelakaan. Di Jember sekitar 60 persen kecelakaan lalu lintas terjadi pada kalangan milenial selama tahun 2018," ujarnya, Minggu (24/2/2019).

Karena itulah, Polri menggelar Millenial Road Safety Festival (MRSF), sebuah festival untuk berkampanye bagaimana berkendara dan berlalu lintas secara benar dan mengedepankan keselamatan.

"Sasarannya milenial. Kenapa milenial, karena itu, angka kecelakaan lalu lintas ternyata mayoritas terjadi di kalangan milenial. Jadi kampanye ini kami lakukan menyasar milenial, supaya mereka tertib berlalu lintas dan mengedepankan keselamatan. Juga menjadi agen kampanye tertib berlalu lintas kepada sesama," jelas AKBP Kusworo Wibowo.

Polres Jember menjadi tuan rumah pagelaran MRSF 2019 di Alun-Alun Jember, Minggu (24/2/2019). Lima POlres terlibat dalam MRSF 2019 di Jember yakni Polres Jember, Lumajang, Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso.

"Melalui kampanye ini, kami harapkan bisa meminimalkan dan menekan angka kecelakaan lalu lintas," tegasnya.

Berdasarkan data dari Satlantas Polres Jember selama tahun 2018, terdapat 1.276 kasus kecelakaan lalu lintas. Dari jumlah tersebut, kecelakaan pada kalangan milenial sebanyak 754 kasus.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved