Berita Sidoarjo

Gusur Perusahaan dan Pemerintahan, Pasar Hotel Kini Sudah Didominasi Online

Gusur Perusahaan dan Pemerintahan, Pasar Hotel Kini Sudah Didominasi Online dan Trennya Terus Naik.

Gusur Perusahaan dan Pemerintahan, Pasar Hotel Kini Sudah Didominasi Online
TRIBUNMADURA/M TAUFIK
Presiden dan CEO Archipelago Internasional, John Flood bersama Manager Fave Hotel Sidoarjo Iwan Setiawan di sela acara opening seremoni Fave Hotel Sidoarjo, Rabu (27/2/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, SIDOARJO - Bisnis hotel semakin menjanjikan seiring terus bergeliatnya sektor industri dan pariwisata. Tapi kondisi pasar sudah beda. Sekarang ini jarang ada pengunjung hotel datang langsung untuk memesan kamar. Mereka cenderung memanfaatkan layanan booking online.

Menurut Presiden dan CEO Archipelago Internasional, John Flood, di jaringan hotel yang dikelola oleh Archipelago sendiri pasar online sudah sangat mendominasi. Angkanya mencapai 35 persen.

"Itu secara keseluruhan. Termasuk online yang kami kelola sendiri maupun yang lain," ungkap John Flood di sela peresmian Fave Hotel Sidoarjo, Rabu (27/2/2019) siang.

Kemudian pasar terbesar setelah online, menurut John, ada pada perusahaan (corporate) sebanyak 22 persen, pemerintah (goverment) 15 persen, travel agen 15 persen, dan sisanya merupakan pengunjung yang datang langsung ke hotel untuk booking.

Kondisi serupa yang terjadi di pasar hotel jaringan Archipelago di Jawa Timur. Di Surabaya, Sidoarjo, dan beberapa wilayah lain, pasar online mendominasi sampai di kisaran 35 persen.

"Teknologi sudah maju, orang tentu memilih yang mudah. Demikian halnya saat memilih  hotel, mereka tentu mencari keunikan dan keunggulan fasilitas hotel yang akan dibookingnya," lanjut dia.

Menggaet pasar itu, disebut dia, Archipelago selalu berusaha menyuguhkan keunikan dan keunggulan dalam fasilitas dan layanan. Untuk kelas hotel budget, dikatakan dia, Fave hotel merupakan yang terbaik di kelasnya.

Kenapa berekspansi ke Sidoarjo? Menurut John Flood, kota ini mengalami lonjakan dalam pengembangan perdagangan dan pariwisata, terkoneksi langsung ke bandara serta sentra-sentra industri dan pusat bisnis.

"Pertumbuhan ini secara otomatis telah meningkatkan permintaan akomodasi yang berkualitas. Dengan segala keunggulan fasilitas dan layanannya, kami yakin Fave Hotel akan menjadi pilihan utama," tandas dia.

Acrhipelago sendiri punya pengalaman bagus dalam bisnis hotel di Kota Delta. Yakni hotel Neo plus yang baru dibuka di Sidoarjo sekitar tiga bulan lalu, selama ini okupansinya berada di kisaran 91 persen. Itu bukti bahwa pasar hotel di Sidoarjo memang bagus.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved