Berita Banyuwangi

Kembangkan Produk UMKM Kopi, Bupati Banyuwangi Minta Pelaku Usaha Rambah Pasar Lewat Platform Online

Hal itu dilakukan seiring kemajuan pariwisata daerah dan perkembangan produk UMKM kopi di Kabupaten Banyuwangi yang terus meningkat.

Kembangkan Produk UMKM Kopi, Bupati Banyuwangi Minta Pelaku Usaha Rambah Pasar Lewat Platform Online
TRIBUNMADURA.COM/HAORRAHMAN
produk UMKM kopi di Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (2/3/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas meminta, agar pelaku usaha kopi lokal mengembangkan pemasaran produknya melalui platform online.

Hal itu dilakukan seiring kemajuan pariwisata daerah dan perkembangan produk UMKM kopi di Kabupaten Banyuwangi yang terus meningkat.

“Kita harus bekerja keras bersama untuk mengangkat kopi lokal. Saya harap UMKM Kopi tidak berpuas diri dengan hasil yang sudah di dapat saat ini," kata Abdullah Azwar Anas, Sabtu (2/3/2019).

Bayi Harimau Sumatera Lahir, Koleksi Maharani Zoo dan Goa Lamongan Bertambah

"Salah satunya memanfaatkan platform online untuk pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas. Saya sudah bertemu para pelaku usaha kopi, dan meminta agar mereka mengembangkan platform online," sambung dia.

Abdullah Azwar Anas menyempatkan diri untuk bertemu dengan puluhan pelaku usaha kopi dan barista Banyuwangi di Pendopo Sabha Swagata, Jumat sore (1/3/2019).

Ia mengatakan, pemasaran secara online mempunya jangkauan yang sangat luas.

Pencuri Motor di Masjid Al Azhar Surabaya Ditangkap, Uang Curian Dipakai Bayar Angsuran Utang Bank

Berdasar data Bank Indonesia (BI) pada 2016, pembeli online Indonesia mencapai 24,73 juta orang dengan nilai transaksi sebesar Rp 75 trilun dan pada 2018 transaksinya diperkirakan mencapai Rp 144 triliun. 

“Ini menjadi peluang buat pelaku UMKM Kopi Banyuwangi. Manfaatkan berbagai platform online baik e-commerce konvensional seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak maupun platform media sosial seperti facebook dan instagram,” kata Abdullah Azwar Anas

Abdullah Azwar Anas mengajak para UMKM kopi lokal terus meningkatkan kualitas produk maupun packaging.

Kios Dijadikan Tempat Prostitusi, Pasar Produk Unggulan Magetan Segera Ditutup Bupati

Pemkab Banyuwangi sendiri setiap tahun mengadakan pelatihan bagi petani dan UMKM kopi, salah satunya lewat Processing Coffee Festival.

Selain itu, Pemkab Banyuwangi  juga menyediakan fasilitas bagi UMKM daerah untuk berkonsultasi tentang pemasaran online dan packaging melalui Rumah Kreatif di bawah Dinas Koperasi dan UMKM. 

“Silahkan manfaatkan fasilitas yang ada di Pemkab, atau bisa belajar secara mandiri lewat informasi yang sekarang sangat banyak dan mudah di akses di internet,” imbuh dia. (haorrahman)

Gubernur Jatim Mengaku Ingin Buat Stadion Seperti Old Trafford, Bisa Jadi Tempat Wisata Juga

Penulis: Haorrahman Dwi Saputra
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved