Pemilu 2019

Pelipatan dan Penyortiran Surat Suara Pemilu Harus Selesai 20 Maret, Ini Cara KPU Bawaslu Memelototi

Pelipatan dan Penyortiran Surat Suara Pemilu Harus Selesai 20 Maret, Ini Cara KPU Bawaslu Memelototi.

Pelipatan dan Penyortiran Surat Suara Pemilu Harus Selesai 20 Maret, Ini Cara KPU Bawaslu Memelototi
TRIBUNMADURA/KUSWANTO FERDIAN
Salah satu petugas pengawas dari Bawaslu Pamekasan saat menunjukkan surat suara di Gudang Logistik KPU Pamekasan, di Jalan Pintu Gerbang, Kelurahan Bugih, Kabupaten Pamekasan, Jumat (15/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, saling bersinergi melakukan pengawasan terhadap aktivitas para pekerja sortir dan pelipat surat suara Pemilu 2019.

Mereka mengawasi sebanyak 150 pekerja yang sedang melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu 2019 di gudang logistik KPU Pamekasan yang berada di Jalan Pintu Gerbang, Kelurahan Bugih, Kabupaten Pamekasan, Jumat (15/3/2019).

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Lembaga Bawaslu Pamekasan, Khotim Ubaidillah mengatakan, pihaknya selalu mengadakan pengawasan terhadap para pekerja pelipat dan penyortir surat suara dengan cara membagi jadwal shift setiap harinya dengan petugas pengawas di gudang logistik KPU Pamekasan.

"Pengawasan selalu dilakukan oleh para anggota Bawaslu, tidak lain untuk memastikan tidak ada salah satu hal yang menyalahi aturan perundang-undangan. Juga menghindari adanya kecurangan dan kekeliruan dalam proses pelipatan," ujar Khotim Ubaidillah.

Menurut Khotim, beberapa koreksi dari pihaknya yakni adanya pekerja yang tidak memakai id card, posisi para pekerja yang tidak teratur, serta hasil lipatan yang asal-asalan.

"Pengawasan tidak hanya dilakukan oleh kami, namun juga ada pengawasan dari pihak kepolisian yang setiap harinya dijaga oleh 6 orang petugas," jelasnya.

"Kami juga berharap seluruh masyarakat ikut aktif berpartisipasi dalam pengawasan tahapan Pemilu 2019 demi terciptanya pemilu yang berintegritas dan berkualitas," tambahnya.

Sementara Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah, mengatakan, dalam proses pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu 2019 tersebutn ditemukan beberapa kerusakan surat suara hampir di setiap boks.

Baik untuk Pemilihan Legislatif (Pileg), Pilpres, dan DPD. Tentunya, surat suara yang rusak tersebut akan dikembalikan ke percetakan.

“Sudah ada kesepakatan dengan percetakan pemegang tender, kalau ada surat suara yang rusak akan dikembalikan dan diganti dengan surat suara baru,” katanya.

Moh Hamzah menambahkan, pihaknya belum menghitung jumlah surat suara yang ditemukan rusak tersebut, karena menunggu selesainya proses sortir dan pelipatan.

Pihaknya menargetkan, tanggal 20 Maret 2019 ini pelipatan dan penyortiran surat suara dipastikan akan selesai.

"Sebenarnya tidak ada target khusus dari kami. Tetapi kami meminta kepada koordinator, di tanggal 20 Maret 2019 ini harus sudah selesai. Sedangkan untuk surat suara yang rusak, kita akan minta ganti," tegasnya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved