Berita Banyuwangi

Sebanyak 101 Usaha Ritel Rakyat Banyuwangi Kolaborasi Bersama Warung Pintar dalam 3 Bulan

Warung Pintar merupakan startup teknologi ritel bekerja sama dengan Pemkab Banyuwangi yang diluncurkan pada akhir Desember 2018 lalu.

Sebanyak 101 Usaha Ritel Rakyat Banyuwangi Kolaborasi Bersama Warung Pintar dalam 3 Bulan
TRIBUNMADURA.COM/HAORRAHMAN
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, saat hadir dalam kegiatan Warung Pintar, Sabtu (30/3/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, BANYUWANGI - Terdapat 101 warga yang memiliki usaha ritel Warung Pintar telah terdaftar sebagai mitra kerja Warung Pintar.

Warung Pintar merupakan startup teknologi ritel bekerja sama dengan Pemkab Banyuwangi yang diluncurkan pada akhir Desember 2018 lalu.

Saat ini, terdapat sekitar 800 orang di Banyuwangi yang telah mendaftar dan mengantre untuk memiliki Warung Pintar.

Sandiaga Uno Janji Sediakan Lapangan Pekerjaan untuk Penyandang Disabilitas Jika Jadi Wapres RI

"Antusias masyarakat Banyuwangi sangat besar. Banyuwangi menjadi daerah pertama yang kolaborasi bersama Warung Pintar," kata COO & Co-Founder Warng Pintar, Harya Putra, Sabtu (30/3/2019). 

"Ini menjadi lagkah pembuka dari rencana besar Warung Pintar dalam menghubungkan UMKM lokal di tiap daerah di Indonesia," sambung dia.

Di Banyuwangi, Warung Pintar telah banyak ditemui di berbagai ruang publik fasilitas umum milik pemerintah, seperti di Taman Blambangan, Taman Sayu Wiwit, Pusat Oleh-Oleh Dinas Koperasi dan UMKM, Kantor Kecamatan Genteng, Mal Pelayanan Publik, dan lainnya.

Di temat-tempat itu, Warung Pintar dikelola oleh warga yang ingin berwirausaha, seperti di Taman Blambangan yang dikelola oleh Budi Santoso, petugas kebersihan.

Bandara Juanda Sukseskan Switch Off Earth Hour 2019, Gelar Tari Teatrikal hingga Tanam Pohon Bakau

Harya Putra mengatakan, dipilihnya Banyuwangi sebagai daerah pertama ekspansi Warung Pintar setelah Jabodetabek, karena Banyuwangi merupakan kabupaten dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Indonesia.

"Banyuwangi memiliki visi yang sama dengan kami, yakni meningkatkan potensi usaha mikro dengan memanfaatkan teknologi, apalagi saat ini telah memasuki Revolusi Industri 4.0. Di Banyuwangi kami juga belajar bagaimana berkolaborasi dengan cepat," jelas Harya Putra. 

Harya Putra menjelaskan, Warung Pintas tidak hanya sekadar digitalisasi usaha mikro, namun juga menjadi pemberdayaan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman Dwi Saputra
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved