Pemilu 2019

Suara 21 TPS di Surabaya Dilakukan Penghitungan Ulang, Ketua KPU Kota Surabaya Beri Jaminan ini

Suara 21 TPS di Surabaya Dilakukan Penghitungan Ulang, Ketua KPU Kota Surabaya Pilih Beri Jamiann ini.

Suara 21 TPS di Surabaya Dilakukan Penghitungan Ulang, Ketua KPU Kota Surabaya Beri Jaminan ini
TRIBUNMADURA.COM/M SUDARSONO
Ilustrasi penghitungan surat suara di TPS - Suara 21 TPS di Surabaya Dilakukan Penghitungan Ulang, Ketua KPU Kota Surabaya Beri Jaminan ini. 

Suara 21 TPS di Surabaya Dilakukan Penghitungan Ulang, Ketua KPU Kota Surabaya Pilih Beri Jaminan ini

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi mengungkapkan, saat ini sudah ada pencocokan ulang penghitungan suara di 21 TPS di Kota Surabaya yang kotak suaranya sampai dibuka.

Pencocokan ulang tersebut merupakan salah satu tahapan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan yang dilakukan oleh PPK (real count Pemilu tingkat PPK).

"Sejak tanggal 19 April kita mulai melakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan dan sejauh ini yang kami terima, 21 TPS harus dilakukan pencocokan dengan surat suara yang ada, dan itu dilakukan dihadapan para saksi dan pengawasan kecamatan," kata Nur Syamsi, Senin (22/4/2019).

Adanya penghitungan ulang suara (PSU) tersebut, menurut Nur Syamsi tidak akan menggangu tahapan yang sudah ditetapkan oleh KPU, dimana rekapitulasi di tingkat kecamatan harus selesai pada 4 Mei 2019.

"Insyallah tidak terganggu, karena proses rekapitulasi berjalan, dan proses pencocokan dengan surat suara di tempat berbeda, bisa menghadirkan KPPS dan pengawas TPS serta disaksikan oleh peserta pemilu yang hadir," tegasnya.

Untuk waktu penghitungan ulang suara (PSU) sendiri, Nur Syamsi mengatakan waktunya beragam, tergantung jenis suara yang dicocokkan.

"Itu kan case by case. Tapi kalau misalnya DPR yg tidak berkeseusaian maka hanya DPR RI. Kalau DPD yg tidak berkesuaian maka kita cocokan antara plano denga surat suara DPD," tambahnya.

Penghitungan ulang tersebut lanjut Nur Syamsi tidak perlu menambah biaya anggaran dan dapat menghadirkan ketua atau anggota KPPS tanpa harus menambah honor.

Kedepannya, Nur Syamsi belum bisa menjamin apakah ada atau tidaknya dilakukan penghitungan suara ulang (PSU) walaupun saat ini rekapitulasi suara di tingkat kecamatan belum 100 persen selesai.

"Yang perlu jadi catatan juga, penghitungan ulang di 21 TPS tersebut sudah dilakukan sebelum rekomendasi dari Bawaslu Surabaya keluar, karena memang sudah tahapannya seperti itu," pungkasnya.

Penulis: Sofyan Candra Arif Sakti
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved