Breaking News:

Berita Jember

Soal Kedatangan Staf ESDM dan WNA ke Blok Silo Jember, Faida: Apa Itu Namanya Survei?

Bupati Jember, Faida menegaskan, siapapun tidak bisa melakukan aktivitas terkait pertambangan di Kecamatan Silo, Jember.

Jakarta. TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Bupati Jember, Faida, kunjungi Kantor Tribun Jakarta, yang disambut oleh Wakil Dirkel Group of Regional Newpaper Febby Mahendra dan Pemred Warta Kota Ahmad Subechi serta awak media Tribun, Kamis (9/3/2017) di Jakarta. 

TRIBUNMADURA.COM, JEMBER - Bupati Jember, Faida menegaskan, siapapun tidak bisa melakukan aktivitas terkait pertambangan di Kecamatan Silo, Jember.

Termasuk staf Dinas ESDM Provinsi Jatim dan warga negara asing (WNA) yang berkunjung ke Desa Pace, Kecamatan Silo, Rabu (5/12/2018) lalu.

"Apa itu namanya survei, survei kecil-kecilan, atau meneliti terkait pertambangan di Silo tidak bisa. Karena sampai saat ini tidak ada aspek legal yang membolehkan kegiatan tersebut, karena belum lelang apapun terkait penambangan Silo," tegas Faida kepada Surya, Kamis (6/12/2018).

"Jadi kedatangan tamu yang kemarin itu jalan-jalan biasa, kayak turis. Gak resmi ya jalan-jalan saja, karena tidak ada yang bisa dilakukan terkait tambang," sambungnya.

Desanya Dinilai Sadar Jaminan Sosial, Bupati Jombang Terima Penghargaan BPJS Ketenagakerjaan

Sebab sampai saat ini tidak ada pelelangan untuk tahapan kegiatan penambangan di situ, baik tahapan eksplorasi apalagi ke eksploitasi. Faida juga menegaskan, masyarakat Silo secara tegas menolak penambangan itu.

Karenanya, Pemkab Jember juga menyuarakan keinginan masyarakat itu.

"Yakni bersikap tegas menolak penambangan itu. Karena masyarakatnya tidak menginginkan, maka Pemkab Jember melalui Bupati dan Wakil Bupati juga secara tegas menolaknya," lanjut Faida.

Wali Kota Malang Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur Tingkat Nasional dari Kementerian Perdagangan RI

Dia mengaku, lampiran empat keputusan Menteri ESDM yang menyebutkan blok Silo termasuk dalam wilayah Izin Usaha Pertambangan, dan wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus, belum dianulir.

Meski belum dianulir, dia menegaskan, proses penambangan tetap tidak bisa dilakukan karena prosesnya harus melibatkan Pemkab Jember jika ingin ditambang.

Sampai saat ini proses pelelangan yang membutuhkan sinergitas dan koordinasi dengan Pemkab Jember tidak pernah berlangsung.

Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2019, Suroboyo Bus Dipastikan Tetap Beroperasi

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved