Breaking News:

Berita Surabaya

Demo Penolakan Oleh Warga Marak, Pemrov Jatim Hentikan Lelang Tambang Emas Blok Silo Jember

Demo Penolakan Oleh Warga Marak, Pemrov Jatim Akhirnya Hentikan Lelang Tambang Emas Blok Silo Jember.

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Mujib Anwar
TRIBUNMADURA/SRI WAHYUNIK
Warga Kecamatan Silo tegas menolak Tambang Emas Blok Silo Jember dan mengancam memblokade jalur Jawa-Bali. Ancaman disampaikan di depan Bupati Jember Faida, Senin (10/12/2018). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Pemrov Jatim telah menghentikan lelang atas rencana mencari pengelola tambang emas di beberapa desa di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. Penghentian lelang itu disebut jauh sebelum marak demo menentang keberadaan Tambang Emas Blok Silo Jember.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim Setiadjit menuturkan, Pemprov sudah mengetahui bahwa situasi di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember memang kurang kondusif.

"Sudah lebih dulu kami batalkan lelang rencana eksplorasi Tambang Emas Blok Silo," katanya, Kamis (13/12/2018).

Saat ini diprediksi ada sekitar 5.000 hektar potensi kandungan emas di beberapa desa di Blok Silo, Kabupaten Jember. Termasuk Desa Pace. Namun yang masuk rencana lelang penggarapan potensi kandungan emas itu berada di lahan Perhutani. 

"Bukan lahan warga. Lelang rencana penggarapan tambang emas juga masih tahap awal. Yakni mambuka lelang. Namun lelang yang diambilkan dari APBD saat perubahan anggaran (itu sudah kami gagalkan," jelas Setiadjit.

Tolak Izin Tambang Emas Blok Silo Jember, di Depan Bupati Faida Warga Ancam Blokade Jalur Jawa-Bali

Aksi warga yang menolak rencana tambang emas itu, menurut Setiadjit sangat tidak masuk akal. Apalagi mereka menuntut dibatalkan rencana eksplorasi tambang emas itu. Sebelum eksplorasi masih perlu digelar lelang. 

Pemprov Jatim punya kewenangan untuk melelang. Ada keputusan menteri atau keputusan lain, bahwa kalau Pemprov tidak melelang, maka tidak ada kegiatan penambangan.

“Pada bulan Oktober lalu, kita sudah mau membuka lelang. Rupanya rencana lelang itu bocor. Akibatnya warga merespons dengan demo. Kami sudah hentikan lelang itu," tegas Setiadjit.

Masuki Sekitar Area Tambang Emas Silo Jember, 3 WNA Asing dan Staf Dinas ESDM Jatim Diamankan Warga

Lantas kenapa ada warga asing dan staf ESDM datang rombongan ke lokasi tambang emas Blok Silo.

Kata Setiajit, staf dan delegasi China itu hanya untuk menjajagi potensi kandungan emas. (Nuraini Faiq)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved