Berita Lumajang

Pemkab Lumajang Berharap Situs Biting Jadi Cagar Budaya di Jawa Timur

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, melakukan ziarah di makam pendiri Lumajang di pemakaman Situs Biting.

Pemkab Lumajang Berharap Situs Biting Jadi Cagar Budaya di Jawa Timur
ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Wabup Lumajang, Indah Amperawati, mengunjungi Situs Biting, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jumat (14/12/2018). 

TRIBUNMADURA.COM, LUMAJANG - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati melakukan ziarah dan doa bersama di makam pendiri Lumajang di pemakaman Situs Biting, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jumat (14/12/2018).

Mereka melakukan ziarah dan doa bersama di makam pendiri Lumajang bersama jajaran OPD di Pemkab Lumajang.

Pada saat ziarah ke makam Arya Wiraraja di Situs Biting itu, kepala daerah Lumajang dan rombongan menggelar tahlil dan doa bersama.

Thoriqul Haq menyampaikan, pemerintah akan meneruskan kebijakan Pemerintah Daerah pada saat Alm Sjahrazad Masdar sebagai bupati.

Penyidik Polres Lumajang Serahkan Perkara Pornografi dan Pencabul Anak ke Kejari Lumajang

Saat itu, peringatan Harjalu diagendakan acara ziarah dan tahlil di Situs Biting.

"Karena Lumajang adalah tanah tua, dalam perjalanan sejarah yang panjang, menjadi catatan sebagai support pemerintah, di samping mempunyai program-program yang menyentuh di Kabupaten Lumajang. Terimakasih kepada masyarakat Biting yang telah melestarikan Situs Biting," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Lumajang juga akan terus berupaya mengkoordinasikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur agar Situs Biting dapat dijadikan cagar budaya.

"Kami mempunyai keinginan untuk memberikan perhatian kepada situs dan kami akan mencoba koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jatim sehingga kedepan menjadi destinasi wisata budaya di Kabupaten Lumajang," ungkapnya.

Tertangkap Nyabu, 2 Remaja di Bangkalan Menangis Sambil Berpelukan

Sementara itu, Ketua panitia, Sugiyo menjelaskan, Situs Biting ini merupakan makam dari Arya Wiraraja, putra dari Narariya Kirana yang pernah menjadi Patih di Kerajaan Singosari.

Namun, karena tidak sepaham dengan kerajaannya pada saat itu, sehingga Arya Wiraraja keluar dari Kerajaan Singosari dan menjadi Adipati di Sumenep.

Menurutnya kegiatan ziarah dalam rangka Harjalu ini dirintis oleh Alm Sjahrajad Masdar, yang pada saat itu menjabat sebagai Bupati Lumajang.

Satpol PP Kota Blitar Gelar Razia untuk Tertibkan Izin Usaha Tempat Kos

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved