Breaking News:

Berita Malang

Lampaui Target Perekaman dan Pencetakan e-KTP, Dispendukcapil Malang Klaim Masih Ada PR

Dispendukcapil Kabupaten Malang mencatatkan hasil melampaui target yang ditetapkan pada tahun 2018, untuk perekaman dan pencetakan e-KTP.

SURYA/ERWIN WICAKSONO
Suasana pelayanan di kantor Dispendukcapil Kabupaten Malang, Jumat (14/12/2018). 

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Dispendukcapil Kabupaten Malang mencatatkan hasil melampaui target yang ditetapkan pada tahun 2018, untuk perekaman dan pencetakan e-KTP.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Dispendukcapil Kabupaten Malang, Shirath Aziez menjelaskan, pihaknya sudah melakukan 99 ribu perekaman e-KTP.

Sementara untuk pencetakan e-KTP, pihaknya sudah melayani sebanyak 176 ribu permintaan.

Dispendukcapil Kabupaten Malang Segera Hapus Puluhan Data Identitas Ganda Jelang Pemilu 2019

"Untuk perekaman dan pencetakan e-KTP kami bisa lampaui target. Tahun 2018 ini targetnya 35 ribu untuk perekaman dan 150 ribu untuk pencetakan e-KTP," terang Shirath ketika dikonfirmasi di ruangannya, Jumat (14/12/2018).

Meski sudah melampaui target, Shirath menyebut, masih ada banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pihaknya, khususnya terkait administrasi kependudukan.

"Masih banyak PR (pekerjaan rumah) yang harus kami selesaikan. Yakni masih ada 91 ribu dari Suket (surat keterangan) dan dari PRR (Print Ready Record) berjumlah 16 ribu yang masih harus dicetak," bebernya.

Kondisi Cuaca Tak Memungkinkan, Pembersihan Material Longsor Jembatan di Kesamben Blitar Dihentikan

Shirath menambahkan, masih ada 113 ribu warga di Kabupaten Malang yang masih belum melakukan perekaman e-KTP, faktornya pun beragam.

"Wajib KTP yang belum direkam ada sekitar 113 ribu orang. Itu bisa jadi karena mereka sedang tidak di Kabupaten Malang," jelas Shirath.

"Bisa jadi bekerja didaerah lain atau sudah meninggal dunia. Nah yang sedang tidak berada di tempat (Kabupaten Malang) itu yang menyulitkan kami," imbuh Shirath.

Surya Paloh Klaim Pakde Karwo Dukung Jokowi-Maruf Amin pada Pilpres 2019

Namun, pihaknya optimistis, pada tahun 2019 mendatang bisa menyelesaikan permasalahan tersebut.

Sementara itu, menjelang tahun politik 2019, ketika ditanya kemungkinan adanya e-KTP palsu, Shirath menegaskan pihaknya belum menemukan kejadian tersebut.

"Kami belum menemukan kejadian e-KTP palsu di Kabupaten Malang. Secara umum e-KTP asli ciri-cirinya dari hologram ini. Yang asli akan ada efek warna pada hologram," tegas Shirath sambil menunjukkan e-KTP asli. 

Hambatan Industri Farmasi Sepanjang 2018, Rupiah Melemah hingga Kenaikan Harga Bahan Baku

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved