Breaking News:

Rumah Politik Jatim

Pekik Jokowi Pole Menggema di Madura, Jokowi Ungkap Foto Mirip Dirinya saat Tokoh PKI Aidit Berorasi

Pekik Jokowi Pole Menggema di Madura, Jokowi Ungkap Foto Mirip Dirinya saat Tokoh PKI Aidit Berorasi.

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Mujib Anwar
TRIBUNMADURA/AHMAD FAISOL
Presiden Jokowi saat dikerubungi warga yang minta foto bareng, saat berada di Gedung Rato Ebu Bangkalan, Rabu (19/12/2018). 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN - Pekikan dalam Bahasa Madura 'Jokowi Pole' (Jokpwi Lagi) terdengar berulang-ulang melalui pengeras suara ketika andong yang membawa Capres Nomor Urut 01 Jokowi dari Pendapa Agung mulai mendekati Gedung Rato Ebu Bangkalan, Madura, Rabu (19/12/2018).

Di gedung tersebut, ulama-ulama Madura berkumpul dalam Deklarasi Ulama Madura untuk Jokowi-Makruf Amin. Termasuk Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron.

Kesempatan tersebut dijadikan Jokowi buka suara atas isu-isu atau hoax yang ditujukan kepadanya. Mulai isu keturunak PKI, anti-ulama, hingga antek asing.

Satu persatu, Jokowi mulai mengklarifikasi atas isu bahwa dirinya merupakan keturunan PKI. Ia menjelaskan, PKI dibubarkan pada 1965-1966. Sedangkan dirinya lahir pada 1961.

"Saat itu saya masih usia 4 tahun, masuk TK saja belum. Kan tidak ada namanya PKI balita. Keluarga saya, bapak-ibu haji. Kakek-nenek saya muslim," jelasnya mengundang gelak tawa dan riuh tepuk tangan warga.

Hasil Survei Initiative Institute, Jokowi-Makruf Menang Telak di Arek, Prabowo-Sandi Kuasai Madura

Dampingi Jokowi di Deklarasi Ulama Madura, Yenny Wahid Cerita Wudhu Jokowi untuk Tegakkan Teritori

Jokowi Tiba di Jombang, Para Santri Menyambut Dengan Shalawat Nabi, Ini Empat Ponpes yang Dikunjungi

Jokowi Tiba di Jombang, Para Santri Menyambut Dengan Shalawat Nabi, Ini Empat Ponpes yang Dikunjungi

Jadi Ketua Tim Sukses Jokowi-Maruf Amin, Erick Thohir Ngaku Ogah Masuk & Jadi Kader Partai Politik

Masyarakat Bangkalan menonton melalui layar lebar di luar Gedung Rato Ebu Bangkalan, Rabu (19/12/2018) saat Capres Jokowi menayangkan foto hoax dirinya hadir dalam orasi pemimpin senior PKI Dipa Nusantara (DN) Aidit di hadapan massa.
Masyarakat Bangkalan menonton melalui layar lebar di luar Gedung Rato Ebu Bangkalan, Rabu (19/12/2018) saat Capres Jokowi menayangkan foto hoax dirinya hadir dalam orasi pemimpin senior PKI Dipa Nusantara (DN) Aidit di hadapan massa. (TRIBUNMADURA/AHMAD FAISOL)

Selain itu, Jokowi juga menunjukkan sebuah gambar pemimpin senior PKI Dipa Nusantara (DN) Aidit tengah berorasi di hadapan massa.

Jokowi menyebut foto itu nampak aneh lantaran ada sosok mirip dirinya berdiri menghadap massa, tepat di depan podium DN Aidit.

"Itu foto tahun 1955, saya kan belum lahir. Saya perhatikan gambar itu di handphone, kok wajah mirip saya," tuturnya.

Menurutnya, hal itu merupakan cara-cara berpolitik yang tak beretika, tak bertatakrama, dan tidak sopan.

"Masyarakat harus diajarkan cara-cara berdemokrasi dan berpolitik yang beradab, beretika, dan bertatakrama sebagai bentuk budaya bangsa Indonesia," paparnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved