Berita Surabaya

Selama Natal dan Tahun Baru, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Fokus Pelototi Jalur Jembatan Suramadu

Selama Natal dan Tahun Baru, Polres Pelabuhan Tanjung Fokus Pelototi Jalur Jembatan Suramadu.

Selama Natal dan Tahun Baru, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Fokus Pelototi Jalur Jembatan Suramadu
Tribunnews.com
Jembatan Suramadu 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto mengatakan ada beberapa potensi kerawanan yang sudah diinventarisir menjelang Natal dan Tahun Baru 2019.

Seperti kejahatan konvensional, potensi terorisme, sweeping ormas dan kecelakaan moda tranportasi baik darat, laut dan udara.

Dari bentuk pengamanan itu, Polres Pelabuhan Tanjung Perak akan fokus pada pengamanan arus lalu lintas di wilayah Jembatan Suramadu.

"Tetap pengamanan lain menjadi prioritas, tapi kami khususkan di wilayah kenjeran. Tol Suramadu setelah dibuka oleh Presiden, ini pertama yang sudah tidak ada pembayaran ini agak beda. Perlu antisipasi khusus dan akan lebih banyak personil saat pergantian tahun," kata AKBP Antonius Agus Rahmanto, Jumat (21/12/2018).

Menurutnya, pada tahun 2019 setelah pembebasan tarif tol Suramadu, tidak menutup kemungkinan pengendara yang melintas akan mengalami keramaian.

Sehingga personel dengan jumlah lebih banyak disiagakan untuk mengantisipasi gangguan keamanan maupun pelanggaran saat berkendara.

Seperti aturan roda dua yang dilarang masuk ke jalur ke roda empat maupun antisipasi konvoi.

"Ketika sudah dibuka kami imbau agar tidak ada roda dua yang masuk ke roda empat. Jangan sampai euforia yang berlebihan dan tolong tidak konvoi sembarangan. Jangan sampai hal tidak baik dan tidak benar terjadi," jelasnya.

Terkait pengamanan tempat peribadatan, Agus menegaskan pihaknya tidak mau kecolongan untuk antisipasi gereja maupun objek vital lainnya.

"Perayaan natal gereja kami utamakan pengamanan. Kita tidak mau kecolongan, kami juga mengamankan bersama Polri dan TNI," tegasnya.

Personel yang diturunkan ada 310 anggota dibantu 100 personel instansi dan forkopimda Pelabuhan Tanjung Perak dalam pelaksanaan operasi lilin 2018.

Pihaknya juga telah mendirikan pos pantau maupun pos pengamanan natal dan tahun baru 2019 di beberapa titik di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak seperti Kenpark Kenjeran.

"Kami harapkan dukungan bersama masyarakat agar tetap bisa merayakan natal dan tahun baru dengan aman, situasi kamtibmas tetap terjaga," tegas Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto. (Nur Ika Anisa)

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved