Breaking News:

Berita Banyuwangi

Pantai Pulau Merah Siap Dipoles, Destinasi Pariwisata di Banyuwangi Kian Ramai

Menteri BUMN, Rini Soemarno memastikan, pantai yang baru ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional itu, bakal dipoles dan ditata lebih elok lagi.

SURYA/HAORRAHMAN
Menteri BUMN, Rini Soemarno, saat memantau sejumlah titik di Pantai Pulau Merah bersama Direktur Utama Perhutani, Denaldy Mulino Mauna dan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Minggu (30/12/2018). 

TRIBUNMADURA.COM, BANYUWANGI - Pantai Pulau Merah di Kabupaten Banyuwangi bakal mendapat dukungan pengembangan dari hasil kolaborasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menteri BUMN, Rini Soemarno memastikan, pantai yang baru ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional itu, bakal dipoles dan ditata lebih elok lagi.

Rini Soemarno menuturkan, BUMN yang dipimpin Perum Perhutani, bakal mengembangkan pantai tersebut.

"Kita akan melakukan pengelolaan Pantai Pulau Merah ini dengan memperkuat kemitraan dengan masyarakat sekitar," ungkap Rini Soemarno melalui staf ahlinya, Wianda Pusponegoro, usai memantau sejumlah titik di Pantai Pulau Merah bersama Direktur Utama Perhutani, Denaldy Mulino Mauna dan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Minggu (30/12/2018).

Rekayasa Lalu Lintas Jalan ke Alun-alun Kota Blitar, Sterilisasi Kendaraan Mulai Pukul 16.30 WIB

"BUMN telah punya master plan yang nantinya bisa disepakati bersama warga," sambung dia.

Pantai Pulau Merah sendiri merupakan salah satu pantai menawan di kawasan Banyuwangi sisi selatan yang masuk pengelolaan Perhutani.

Pengembangan tersebut, imbuh Wianda, ditargetkan awal tahun telah bisa dilakukan.

"Targetnya, pertengahan Januari besok ini sudah bisa groundbreaking atau peletakan batu pertamanya," ungkapnya.

Pemilik Toko Jamu di Pamekasan Diringkus Polres Pamekasan, Diduga Jualan Minuman Keras

Untuk pelaksananya sendiri, Kementerian BUMN sudah menetapkan PT Patra Jasa sebagai anak perusahaan PT Pertamina yang bergerak di bidang hospitality.

"Tinggal koordinasi dengan para pelaku wisata di sini," jelas Wianda.

Pada 2019, Perhutani akan membangun fasilitas di Pantai Pulau Merah antara lain kios UMKM untuk warga sekitar, beach walk, jogging track, dan tempat bermain anak.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, berterima kasih atas dukungan pemerintah pusat dalam menggerakkan pariwisata daerah.

Razia Knalpot Brong, Polres Jombang Amankan 73 Motor Tanpa Dokumen dan Modifikasi

“Pemerintah pusat, Pak Jokowi, punya concern kuat di bidang pariwisata. Alhamdulillah, setelah pembicaraan dengan teman-teman BUMN, Ibu Menteri BUMN punya komitmen kuat membantu Banyuwangi, termasuk soal pengembangan Pantai Pulau Merah," ungkap Abdullah Azwar Anas.

Abdullah Azwar Anas berharap, penguatan kemitraan dengan warga mampu menambah kesejahteraan masyarakat di sekitar destinasi wisata.

Hal ini sesuai dengan konsep pariwisata berbasis masyarakat yang dikembangkan di Banyuwangi. 

Pemkab Pamekasan Imbau Pedagang Tak Berjualan di Arek Lancor saat Malam Tahun Baru

Penulis: Haorrahman Dwi Saputra
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved