Berita Kota Batu

Diduga di Bawahnya Ada Bekas Galian Zaman Belanda, Rumah di Perumahan Wastu Asri Kota Batu Ambruk

Diduga di Bawahnya Ada Bekas Galian Zaman Belanda, Rumah di Perumahan Wastu Asri Kota Batu Ambruk.

Penulis: Sany Eka Putri | Editor: Mujib Anwar
TRIBUNMADURA/IST
Petugas BPBD Kota Batu menunjukkan tanah di Perumahan Wastu Asri, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo yang ambles dan membuat rumah warga ambruk, Jumat (4/1/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, BATU - Satu rumah di Perumahan Wastu Asri, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu ambruk, Jumat (4/1/2019).

Peristiwa terjadi sekitar pukul 10.00 WIB di rumah Blok E-dan itu diduga karena tanah ambles dan pondasi bangunan yang kurang kuat.

Dari pantauan di lapangan, rumah yang ambruk itu tidak berpenghui dan bagian atapnya terbuat dari kayu dan tembok sudah retak semua.

Kepala BPBD Batu Sasmito mengatakan, ambruknya rumah tersebut diduga karena tanah ambles. Karena di daerah tersebut memang diduga dilewati galian tanah pada zaman Belanda.

Perayaan Tahun Baru, Sampah di Kota Batu Meningkat Tajam, Segini Jumlahnya

Karena perkembangan zaman, tempat tersebut dijadikanlah pemukiman. "Dengan kejadian ini, akan segera kita lakukan kajian terkait galian tanah yang ada di Kota Batu," ujarnya, Jumat (4/1/2019).

Menurut Sasmito, bisa saja galian tanah bekas zaman Belanda itu ada di titik yang tidak bisa diketahui.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan. "Secepatnya kami bentuk tim untuk melakukan kajian. Karena di Kota Batu ini ada titik-titik bekas galian yang masih belum diketahui," tegasnya.

Hingga saat ini, rumah yang ambruk di Kota Batu ini belum diketahui pemiliknya. Selain itu, juga ada titik yang diduga area bekas galian, seperti di Kelurahan Temas, Kelurahan Sisir.

Permenkes 71 Tahun 2013 Resmi Berlaku, BPJS Kesehatan Jamin Tak Ada Pembatasan Layanan ke Masyarakat

Nantinya jika kajian galian sudah diketahui penanganan selanjutnya ialah galian itu dipres atau ditutup dengan tanah.

Deni Widodo, warga sekitar mengungkapkan, sekitar tiga tahun lalu rumah yang kini ambruk ini direnovasi oleh pemiliknya.

Namun saat hingga saat ini tidak pernah ditengok lagi oleh pemiliknya. Saat kejadian dari rumahnya yang berjarak sekitar tiga rumah tidak terdengar suara apapun.

"Nggak dengar suara apapun, Mbak. Taunya ya pas ada tim BPBD Batu ke sini. Kok ada apa, saya kira ada kebakaran. Rumah ini dulu sempat direnovasi, tapi kok sampai sekarang nggak dihuni. Saya juga tidak tahu siapa pemiliknya," katanya, saat melihat rumah yang ambruk. (Sany Eka Putri)

Blusukan ke Pasar Ngemplak Tulungagung, Jokowi Beli 4 Kg Ayam Potong, Segini Dia Bayar si Pedagang

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved