Berita Pamekasan

Manfaatkan Potensi Setempat, Desa Murtajih Pamekasan Akan Dibranding Jadi Desa Siwalan

Bahkan rencananya, Desa Murtajih akan dibranding menjadi Desa Siwalan atau Desa Taal dalam bahasa setempat.

Manfaatkan Potensi Setempat, Desa Murtajih Pamekasan Akan Dibranding Jadi Desa Siwalan
TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Warga Desa Murtajih antusias mengikuti sosialisasi dan pelatihan aneka olahan makanan berbahan siwalan di Balai Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Senin (14/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Sosialisasi pembuatan aneka olahan berbahan dasar buah Siwalan yang digelar mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura bekerjasama dengan kepala Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, disambut baik  warga setempat.

Bahkan rencananya, Desa Murtajih akan dibranding menjadi  Desa Siwalan atau Desa Taal dalam bahasa setempat.

“Saya berharap kegiatan sosialisasi siwalan atau Taal ini dapat menambah ilmu bagi ibu rumah tangga dalam pengolahan aneka makanan berbahan dasar siwalan dan dapat membantu perekonomian masyarakat," kata Kepala Desa Murtajih, M Rosyidi, Senin (14/1/2019).

Sesosok Mayat Pria Bertato Mengapung di Dam Sungai Kepanjen Malang Hebohkan Warga Sekitar

"Dan saya juga punya keinginan untuk membranding Desa Murtajih ini sebagai Desa Siwalan. Karena mayoritas masyarakat di sini banyak mempunyai pohon siwalan di pekarangan rumahnya," tegasnya.

Dalam kegiatannya, para mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura rajin menggelar sosialisasi aneka olahan buah siwalan.

Para mahasiswa berharap, buah siwalan yang banyak ditemukan di daerah setempat, mampu menunjang ekonomi masyarakat.

"Kegiatan pelatihan ini dilanjutkan dengan praktik langsung pembuatan puding siwalan, es krim siwalan, dan dawet siwalan," jelas Koordinator Desa Murtajih Universitas Trunojoyo Madura, Alan.

Dinkes Kota Blitar Imbau Masyarakat Waspada Puncak Pencemaran DBD Bulan Januari

"Selain itu, kami juga mengajarkan bagaimana proses pengemasan (Packing) yang baik sehingga dapat menarik konsumen," sambung dia.

Endang Suciati, Ketua PKK Desa Murtajih mengatakan, pihaknya sangat senang dan berterima kasih kepada mahasiswa KKN karena sudah mengeksplore potensi Desa Murtajih.

"Dengan begitu masyarakat Desa Murtajih punya makanan khas berbahan siwalan yang siapa tahu nantinya bisa dikenal oleh masyarakat luas khususnya di Kabupaten Pamekasan sendiri," katanya.

Tips Memilih Durian yang Enak, Warna dan Bunyi Bisa Indikasikan Rasa Buahnya

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved