Breaking News:

Berita Pamekasan

Gara-gara Kemendagri, Dispendukcapil Pamekasan Jemput Bola Rekaman e-KTP di Lapas

Gara-gara Kemendagri, Dispendukcapil Pamekasan Jemput Bola Rekaman e-KTP di Lapas.

TRIBUNMADURA/KUSWANTO FERDIAN
Warga binaan Lapas Pamekasan saat melakukam perekaman e-KTP di Lapas Klas IIA Pamekasan, Kamis (17/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Menjelang digelarnya Pemilu 2019, Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pamekasan melakukan jemput bola perekaman e-KTP di Lapas Klas IIA Pamekasan, Kamis (17/01/2019).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Pamekasan Herman Kusnadi mengatakan, pelaksanaan perekaman e-KTP di lembaga yang dipimpinnya untuk memenuhi surat edaran alias SE Kemendagri, supaya warga binaan Lapas dapat menggunakan hak pilihnya dalam pemilu serentak yang digelar 17 April nanti.

“Untuk penduduk asli Pamekasan yang diajukan untuk perekaman sebanyak 12 orang," jelasnya.

Menurut Herman Kusnadi, bagi penduduk dari luar Pamekasan nantinya juga bisa melakukan perekaman di Pamekasan, tetapi syaratnya, pemohon harus mengajukan dan mendapat surat pindah dari tempat domisili asalnya.

“Untuk penggunaan hak pilih bukan domisili Pamekasan, itu menjadi wilayah KPU," terangnya.

Selain itu, hasil dari perekaman e-KPT bisa langsung dicetak dengan syarat ada catatan print ready record, karena jika tidak tampil catatan tersebut, berarti mengalami kendala atau bermasalah dan tidak dapat langsung dicetak.

“Langsung jadi, dengan catatan yang bersangkutan statusnya print ready record atau tidak bermasalah," imbuhnya.

Berdasarkan surat edaran Kemendagri, pelaksanan jemput bola e-KTP secara Nasional di Rumah Tahanan (Rutan) dan Lapas, berlangsung selama 3 hari, mulai dari Kamis tanggal 17 s/d Sabtu 19 Januari 2019.

Selain itu, pelaksanaan perekaman KTP-el jemput bola secara nasional di Rutan dan Lapas dalam rangka Gerakan Nasional Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), sekaligus untuk mendukung terpenuhinya syarat hak konstitusional pemilih dalam Pemilihan Presiden tahun 2019.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved