Breaking News:

Rumah Politik Jatim

Survei Charta Politika: Masyarakat Jatim Paling Puas, Elektabilitas Jokowi 53,2 % Vs Prabowo 34,1 %

Survei Charta Politika: Masyarakat Jatim Paling Puas Terhadap Jokowi, Ini Elektabilitas Terbaru Jokowi vs Prabowo.

Editor: Mujib Anwar
Kolase Tribunnews.com
Joko Widodo dan Prabowo Subianto 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Lembaga survei Charta Politica menyebut tingginya angka kepuasan terhadap presiden petahana yang kembali mencalonkan diri, Joko Widodo yang kini berdampingan dengan dengan KH Makruf Amin. Menariknya, Jawa Timur menjadi provinsi dengan tingkat kepuasan paling tinggi di Indonesia.

Sementara dari sisi elektabilitas, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Makruf Amin unggul atas paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Elektabilitas Jokowi-Makruf Amin sebesar 53,2 persen, sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya 34,1 persen.

Menurut hasil survei Pilpres 2019 yang dilakukan Charta Politica, di Jawa Timur, tingkat kepuasan terhadap pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla mencapai 81,2 persen (6,4 persen sangat puas dan 74,8 cukup puas).

Di bawah Jawa Timur di susul oleh Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan 80,9 persen (12,3 persen cukup sangat puas dan 68,6 cukup puas).

Gelar Nobar Debat Capres Pertama, Timses Prabowo Pilih Sindir Jokowi Lewat Makan Ikan Tongkol Bareng

Secara umum di Indonesia, mayoritas masyarakat juga cukup puas (65,8 persen). Yang mana, 11,5 persen di antaranya mengatakan sangat puas dan 54,3 persen menyebut cukup puas. Sedangkan yang kurang puas hanya 24,5 persen dan yang tidak puas sama sekali hanya 5,6 persen.

Di bidang pelayanan kesehatan, mayoritas responden puas (60,2 persen). Kemudian, untuk bidang pemberantasan korupsi masyarakat pun puas dengan tingkat kepuasan mencapai 60,4 persen.

Pun demikian pula dengan keamanan dan penegakkan hukum yang juga dinilai memuaskan (56,6 persen). Selain itu, mayoritas masyarakat juga puas dengan pembangunan infrastruktur (46,4 persen). Bahkan, 63,7 persen di antaranya ikut merasakan langsung.

Selain itu, presiden juga menjadi lembaga tinggi negara dengan kinerja paling memuaskan (37,2 persen) dibanding lembaga lain.

Survei Charta Politika, Elektabilitas Jokowi-Makruf Terus Naik di Jatim, Tapi Sulit Tembus Madura

Tak mengherankan apabila mayoritas (45,6 persen) responden pun meyakini bahwa apabila Jokowi terpilih kembali, kondisi ekonomi akan semakin baik.

Sayangnya, tidak demikian dengan harga kebutuhan pokok. 51 persen responden menyatakan tidak puas terhadap kinerja pemerintah di bidang pengendalian harga kebutuhan pokok.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved