Breaking News:

Berita Jombang

Janda di Jombang Bobol Konter Handphone, Aksinya Terekam CCTV dan Malah Bawa Ponsel di Dekat Polisi

Janda di Jombang Bobol Konter Handphone, Aksinya Terekam CCTV dan Malah Bawa Ponsel di Dekat Polisi.

Penulis: Sutono
Editor: Mujib Anwar
TRIBUNMADURA/SUTONO
Janda pelaku pencurian handphone di Kecamatan Gudo, Jombang saat diamankan polisi, Selasa (22/1/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, JOMBANG – Petugas Polsek Gudo, Jombang meringkus seorang perempuan berstatus janda, karena mencuri dua unit handphone di konter HP Jalan Raya Japanan, Kecamatan Gudo, Jombang, Selasa (22/1/2019).

Pelaku pencurian ponsel tersebut bernisial NA (38), warga Dusun Kayen, Desa Kayangan, Kecamatan Diwek, Jombang. Sedangkan pemilik konter HP bernama Yantono (42), warga Desa Japanan, Kecamatan Gudo, Jombang.

Pencurian handphone terjadi Selasa sekitar pukul 02.00 WIB. Namun baru diketahui pemilik HP sekitar pukul 03.30 WIB. Saat itu, Yantono kaget ketika melihat kondisi pintu dan laci konternya dalam kondisi terbuka.

Spontan Yantono mencari uang dan HP yang diletakkan di atas etalase. Namun ternyata sudah raib dari tempatnya. Mengetahui ini, Yantono segera melihat rekaman closed circuit television (CCTV) di konter miliknya.

Dari rekaman CCTV itu, Yantono melihat ada gambar wajah seseorang yang tidak dikenal masuk konter. Korban pun melaporkan kejadian itu ke Polsek Gudo.

Berbekal laporan tersebut, polisi segera melakukan penelusuran dan tak lama kemudian pelaku pencurian diringkus di rumahnya, Desa Kayangan, Diwek.

Kapolsek Gudo AKP Yogas mengatakan, pelaku ditangkap setelah petugas melacak keberadaan pelaku menggunakan aplikasi pencarian perangkat handphone.

Pelaku dapat diketahui dari email di handphone korban yang dibawa pelaku. Dari situ, dapat dilihat titik koordinatnya mengarah ke Dusun Kayen Desa Kayangan, Kecamaran Diwek.

Petugas bergerak cepat ke lokasi, dan selanjutnya petugas mencoba menghubungi HP tersebut. Dan benar, HP itu berbunyi tidak jauh dari lokasi petugas. HP dibawa pelaku.

“Pelaku langsung kami amankan ke Polsek. Modusnya, pelaku masuk ke konter melalui pintu belakang dengan cara mengendap-endap,“ ujar AKP Yogas.

Setelah dilakukan interogasi, pelaku tidak bisa mengelak. Sebab seluruh barang bukti ada padanya. Termasuk wajah pelaku yang terekam CCTV di konter milik korban.

Kepada polisi pelaku juga mengaku pernah melakukan pencurian sepeda motor di wilayah Kecamatan Diwek dan pernah menjalani hukuman penjara selama sembilan bulan.

Berbarengan penangkapan pelaku, juga disita sejumlah barang bukti. Yakni uang tunai Rp 2.287.000 dan dua buah HP merek Oppo.

"Total kerugian materi sekitar Rp 5 juta. Pelaku berkilah, mencuri untuk memenuhi kebutuhan hidup,“ jelasnya.

Pelaku ditahan di Mapolsek Gudo untuk proses hukum lebih lanjut. Pelaku dijaring pasal 363 subsider 262 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan,” pungkas AKP Yogas. (Sutono)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved