Breaking News:

Rumah Politik Jatim

Pemberhentian Wali Kota Blitar Samanhudi Ramai Dibahas, 2 Nama ini Menguat Jadi Calon Wawali Blitar

Pemberhentian Wali Kota Blitar Ramai Dibahas, Dua Nama ini Menguat Jadi Calon Wakil Wali Kota Blitar.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Mujib Anwar
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Wali Kota Blitar Muhammad Samanhudi Anwar meninggalkan Gedung Merah Putih usai menjalani pemeriksaan oleh KPK di Jakarta, Sabtu (9/6/2018). Samanhudi Anwar resmi ditahan oleh KPK setelah ditetapkan tersangka terkait ijon proyek pembangunan sekolah lanjutan pertama. 

TRIBUNMADURA.COM, BLITAR - DPRD Kota Blitar konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait persiapan pembentukan Pansus Tatib pemberhentian dan pengangkatan wali kota Blitar dan wakil wali kota Blitar, Rabu (30/1/2019). DPRD ingin meminta masukan Kemendagri soal rencana pemberhentian dan pengangkatan wali kota Blitar.

"Hari ini, kami konsultasi ke Kemendagri di Jakarta soal persiapan pembentukan Pansus pemilihan dan pengangkatan wali kota dan wakil wali kota," kata Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto.

Menurut Totok Sugiarto, sebelumnya Biro Hukum Pemprov Jatim sudah mengeluarkan surat keputusan pemberhentian sementara Wali Kota Blitar, M Samanhudi Anwar. Saat ini vonis terhadap Samanhudi Anwar dari Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya sudah keluar.

DPRD ingin tahu apakah setelah vonis keluar, Mendagri juga akan mengeluarkan surat keputusan pemberhentian permanen untuk Samanhudi.

Sampai sekarang Samanhudi juga masih pikir-pikir apakah mengajukan banding atau menerima vonis yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadikan Tipikor Surabaya.

"Intinya kami ingin minta masukan Kemendagri untuk persiapan membuat Pansus. Apakah nanti Samanhudi banding atau tidak, Pansus tetap harus dibentuk," ujar Totok Sugiarto.

Sementara itu, di kalangan akar rumput PDIP santer beredar kabar beberapa nama yang akan mengisi jabatan wakil wali kota Blitar yang saat ini dipegang Santoso.

Setelah Samanhudi diberhentikan otomatis Santoso naik menjadi wali kota menggantikan posisi Samanhudi. Sedangkan jabatan wakil wali kota akan kosong.

Sejumlah nama yang santer diusulkan akan mengisi jabatan wakil wali kota di antaranya Said Novandi dan Hendry Pradipta Anwar.

Said Novandi saat ini menjabat ketua DPC PDIP Kota Blitar sekaligus anggota komisi III DPRD Kota Blitar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved