Breaking News:

Dua Jalan di Surabaya Ganti Nama, Gubernur Jatim: Harmoni Budaya Jawa dan Sunda yang Sempat Retak

Gubenur Jawa Timur, Soekarwo meresmikan penggantian sebagian nama jalan Gunungsari menjadi Jalan Prabu Siliwangi, Minggu (3/2/2019).

TRIBUNMADURA.COM/SOFYAN ARIF SAKTI
Pakde Karwo bersama veteran TRIP usai peresmian Pengubahan Sebagian Nama Jalan dan peletakkan batu pertama pembangunan monumen perjuangan / tugu Mas Trip yang di depan Lapangan Golf Ahmad Yani, Jalan Gunungsari, Surabaya, Minggu (3/2/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Gubenur Jawa Timur, Soekarwo meresmikan penggantian sebagian nama jalan Gunungsari menjadi Jalan Prabu Siliwangi, Minggu (3/2/2019).

Peresmian tersebut diselenggarakan bersamaan saat peletakkan batu pertama pembangunan monumen perjuangan / tugu Mas Trip yang rencananya dibangun di depan Lapangan Golf Ahmad Yani, Jalan Gunungsari, Surabaya.

Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, mengatakan selain Jalan Gunungsari yang berubah nama menjadi Jalan Prabu Siliwangi, hari ini sebagian Jalan Dinoyo juga resmi berubah menjadi Jalan Sunda.

Dul Menangis Saat Menyanyi Gantikan Ahmad Dhani di Konser Dewa 19 Reuni, Akui Sempat Gugup

JKSN: Perjuangan Menangkan Jokowi - Maruf Adalah Jihad Akbar

Pakde Karwo menjelaskan pergantian nama jalan ini sebagai rekonsiliasi dan harmonisasi budaya antara Jawa dengan Sunda yang menurut sejarah retak setelah adanya perang Bubat.

"Ini (pergantian nama jalan) simbolik, jadi bukan panjang jalannya berapa atau dimana, tapi bagaimana prosesnya nanti, karena efeknya (perang Bubat) ini kan sampai 601 tahun," ucap Pakde Karwo.

Sebagian Jalan Gunungsari yang diganti menjadi Jalan Prabu Siliwangi adalah mulai pertigaan Traffic Light Golf Ahmad Yani ke Barat sampai ke pertigaan pintu masuk tol Gunungsari.

Halte Becak Wisata di Makam Bung Karno Kota Blitar Dibangun Tahun Ini

Sedangkan Jalan Dinoyo yang diganti adalah dari pertigaan Jalan Mojopahit sampai perempatan keputran-pandegiling-sulawesi.

Dalam peresmian tersebut hadir para veteran tentara republik Indonesia pelajar (TRIP) serta perwakilan dari warga Dinoyo dan Gunungsari. (Sofyan Arif Candra Sakti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved