Breaking News:

Berita Pamekasan

Penyakit Demam Berdarah Makin Mewabah, Jangan Hanya Mengandalkan Fogging Saja

Penyakit Demam Berdarah Makin Mewabah, Petugas Kesehatan Jangan Hanya mengandalkan Fogging Saja.

istimewa
Ilustrasi waspada penyakit demam berdarah 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Masyarakat harus mewaspadai munculnya penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD saat musim hujan seperti saat. Pasalnya, penyakit ini bisa menyebabkan kematian pada penderitanya.

Hal ini disampaikan oleh dr Siswanto Pabidang, SH MM, Kepala UPT Puskesmas Kowel Pamekasan, Senin (18/2/2019).

Menurut Siswanto Pabidang, agar masyarakat terhindar dari wabah DBD, petugas Kesehatan harus lebih proaktif dalam mengawasi lingkungannya. Mulai petugas PE, Bidan Desa, Perawat Pustu, petugas Kesling, petugas Fogging, hingga petugas Laboratorium.

Lalu Kader Kesehatan disetiap Desa atau Kelurahan dan petugas Jumantik di setiap rumah juga harus siap membantu masyarakat.

Selain itu, kerja sama lintas sektor khususnya Camat, Kepala Desa/Lurah yang punya Wilayah dapat mempercepat sosialisasi akan bahaya dan pencegahan DBD.

"Tegasnya, jangan hanya mengandalkan Fogging, karena Fogging hanya membunuh nyamuk dewasa, sedang jentik-jentik hanya dapat dibasmi melalui PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk)," ujarnya, ," kepada Tribunmadura.com.

Menurutnya, Jika ada Pasien yang terlanjur kena DBD, maka sebaiknya fasilitas sudah dipersiapkan dengan baik di setiap pelayanan Kesehatan, seperti Puskesmas dan Rumah Sakit.

"Jika ada Pasien DBD, maka kami siapkan kamar rawat inap yang cukup nyaman disetiap Puskesmas disertai dengan pelayanan dokter dan perawat yang Profesional," tandas Siswanto Pabidang.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved