Breaking News:

Berita Pasuruan

Diingatkan Tak Digubris, Warga Pasuruan Tutup Paksa Saluran Pembuangan Limbah Milik 5 Perusahaan ini

Sering Diingatkan Tak Digubris, Warga di Pasuruan Tutup Paksa Saluran Pembuangan Limbah Milik 5 Perusahaan ini.

TRIBUNMADURA/GALIH LINTARTIKA
Warga tiga desa, Wonokoyo, Cangkringmalang, Gununggangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan saat menutup saluran pembuangan limbah milik lima perusahaan yang dianggap merugikan lingkungan, Kamis (21/2/2019) siang. 

TRIBUNMADURA.COM, PASURUAN - Puluhan warga dari tiga desa yakni Wonokoyo, Cangkringmalang, Gununggangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan akhirnya menutup saluran pembuangan limbah milik lima perusahaan yang dianggap merugikan lingkungan, Kamis (21/2/2019) siang.

Saluran yang langsung mengarah ke sistem irigasi milik petani dan saluran air di pemukiman warga ini ditutup.

Dari lima saluran pembuangan, baru satu saluran pembungan milik lima perusahaan yang ditutup. Sisanya, akan ditutup dalam jangka waktu dekat ini.

Saluran pembuangan limbah yang melanggar izin itu milik lima perusahaan, diantaranya adalah milik PT Mega Marine Pride, PT Unilever Jasa Kemas, PT Wonokoyo Jaya Corporindo, PT Marine Cipta Agung, dan PT Baramuda Bahari.

Beberapa waktu lalu, warga sudah sempat mendemo lima perusahaan ini. Tapi, sampai sekarang tidak pernah ada upaya untuk menghentikan membuang limbah sembarangan.

Warga menutup saluran ini menggunakan pohon pisang. Setelah itu, ditambah dengan bongkahan batu besar dan kerikil kecil.

Terakhir, warga pun ramai - ramai ngecor saluran ini agar buntu dan tidak bisa digunakan lagi untuk membuang limbah berbahaya.

Setelah itu, di akhir kegiatan ini, warga pun duduk bersama dan menggelar tahlilan. Warga tahlilal untuk mendoakan agar perusahaan ini sadar dan tidak membuang limbah sembarangan yang merugikan masyarakat.

Selesai tahlilan, warga makan tumpeng bersama sebagai bentuk syukuran sudah menutup saluran pembuangan.

Sa'ad Muafi, koordinator aksi menjelaskan, ini merupakan bentuk kekecawaan warga. Ini merupakan puncak atas kekesalan selama ini.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved