Breaking News:

Ternyata, Satu Orang yang Donor Darah Bisa Selamatkan Tiga Orang Lho, Berikut Penjelasan Dokter

Dalam acara Love Donation yang berada di Pakuwon Trade Center Surabaya, Minggu (24/2/2019), dr. Ricky Indra Alfaray menyampaikan, donor darah dari sat

ISTIMEWA/PMI.OR.ID
Ilustrasi sosialisasi donor darah 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA- Dalam acara Love Donation yang berada di Pakuwon Trade Center Surabaya, Minggu (24/2/2019), dr. Ricky Indra Alfaray menyampaikan, donor darah dari satu orang dapat membantu tiga orang sekaligus.

"Satu orang yang mendonorkan darahnya bisa menolong tiga orang yang membutuhkan darah, khusunya bagi pasien kanker darah atau leukimia," ungkap dr Ricky saat mengisi talkshow dalam acara Love Donation.

Mengapa demikian? Ricky menjelaskan, karena setelah darah didonorkan, darah akan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu plasma darah, trombosit dan sel darah merah.

Dihadapan Ribuan Santri, Prabowo Janjikan Berantas Korupsi dan Indonesia Bisa Berdikari

Wagub Jatim Emil Dardak Sebar 85 Ribu Benih Ikan di Waduk Terbesar Jatim, Sekaligus Cermati Hal ini

Prabowo Ingatkan Masyarakat Agar Tak Pengaruh Bagi-Bagi Uang: Prabowo-Sandi Tak Mampu Untuk itu

"Setiap orang yang membutuhkan donor, kebutuhannya masing-masing berbeda. Ada yang trombosit turun, jadi diberi trombosit," tukas Ricky.

Imbuhnya, selain berguna untuk orang lain. Donor darah juga berguna untuk tubuh sang pendonor. Sebab, dalam darah setiap orang, ada kandungan zat besi yang diperlukan tubuh dan tidak boleh berlebihan.

"Donor darah akan membantu kita untuk mengatur zat besi yang berlebihan tersebut. Selain itu bila rutin dilakukan tiga sampai empat bulan sekali donor darah akan menyehatkan tubuh," tutur Ricky.

Ia pun menyampaikan, melakukan donor darah, bisa menjadi screning penyakit yang ada di dalam tubuh pendonor.

Disampaikannya, dalam acara Love Donation terkumpul 2.200 kantung darah yang selanjutnya akan disalurkan oleh PMI (Palang Merah Indonesia) kepada orang yang membutuhkan darah. (Heftys Suud)

Penulis: Heftys Suud
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved