Khofifah Indar Parawansa Sebut USBN Berbasis Smartphone di Jatim Punya Kelebihan dan Kekurangan

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyebut, ada kelebihan dan kekurangan pelaksanaan USBN BKS menggunakan smartphone.

Khofifah Indar Parawansa Sebut USBN Berbasis Smartphone di Jatim Punya Kelebihan dan Kekurangan
TRIBUNMADURA.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyebut, ada kelebihan dan kekurangan pelaksanaan USBN berbasis smartphone.

Menurut Khofifah Indar Parawansa, kelebihan pelaksanaan USBN berbasis smartphone yakni, para siswa lebih mudah mendapatkan perangkat dan pelaksanaan ujian bisa serentak tanpa menambah sesi.

Namun, di sisi lain, kekurangannya adalah bisa jadi siswa tidak nyaman, lantaran layak yang kecil dan tingkat kecerahan layar yang tidak sama satu ponsel dengan yang lain. 

Camelia Malik Datangi Rutan Klas I Surabaya, Dapat Pujian Cantik hingga Kecupan Pipi dari Pengunjung

"Jadi kalau pakai handphone atau smartphone. Utuk matematika misalnya kan angka-angka butuh gambar atau data yang presisi," kata Khofifah Indar Parawansa, Senin (4/3/2019).

"Lalu juga ada layar yang terang atau kurang terang, misalnya ada prisma atau kubus, jadi mungkin lebih baik pakai laptop atau komputer," sambung dia.

Khofifah Indar Parawansa mengatakan, USBN berbasis smartphone ini merupakan improvement di Jawa Timur, di mana sudah paperless dan menggunakan perangkat elektronik modern. 

Mulan Jameela Mendadak Datangi Rutan Medaeng, Sendiri dan Tak Dikenali Banyak Orang

Menurutnya pelaksanaan USBN BKS di Jatim tahun ini, akan bisa dijaga akuntabilitasnya, terutama masalah kecurangan dan keamanan. 

"Kalau keamanan, yang baru dari proses teknologi penggunaan smartphone, jadi loginnya di ruangan. Kalau keluar aplikasi sudah dianggap log out jadi kemungkinan untuk curang sangat kecil," ucap dia.

Ia menyebut, pelaksanaan USBN menggunakan smartphone merupakan improvement bagi Jawa Timur. 

Camelia Malik Jenguk Ahmad Dhani di Rutan Medaeng, 4 Artis Era 80-an Lainnya Juga Ikut Bersama

Pasalnya, ia menilai, sistem semacam ini juga akan membuat karakter anak didik Jatim lebih berintegritas dan mengajarkan bahwa kejujuran memang penting serta harus dipertaruhkan.

"USBN ini penentu 100 persen kelulusan. Oleh sebab itu, tadi pagi kita juga melakukan malam hajat, agar ikhtiar kita juga mendampingi anak-anak di SMA SMK dan Aliyah bisa membuat anak anak lancar mengerjakan USBN," pungkasnya.

Arema FC Vs Barito Putera, Singo Edan Tanpa Robert Lima Guimaraes dan 2 Pemain Ini

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved