Breaking News:

Berita Pamekasan

Antisipasi Banjir dan Longsor, BPBD Pamekasan Siagakan dan Petakan Daerah yang Rawan Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan tengah mengantisipasi bencana yang sering terjadi memasuki musim hujan seperti banjir d

ISTIMEWA
Kondisi banjir yang terjadi di Bulan Februari di Pamekasan. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan tengah mengantisipasi bencana yang sering terjadi memasuki musim hujan seperti banjir dan longsor.

"Diperkirakan intensitas hujan akan di wilayah Pamekasan dari Februari sampai dengan akhir Maret 2019 ini masih cukup tinggi," ungkap Supervisor PusdalOps BPBD Pamekasan, Budi Cahyono kepada Tribunmadura.com, Jumat (8/3/2019).

Budi Cahyono melanjutkan, Pihak BPBD Pamekasan telah menyiagakan sarana dan prasarana seperti perahu karet, alat evakuasi, dan tenda untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan longsor di wilayah Kabupaten Pamekasan.

Pikiran Pecah ke Piala AFC, Ivan Kolev Turunkan Pemain Berbeda saat Persija Jakarta Vs Madura United

Madura United Vs Persija Jakarta - Dejan Antonic Instruksikan Bikin Tak Berkutik Riko Simanjuntak

Hadapi Persija di Piala Presiden 2019, Bek Madura United Optimis Kalahkan Sang Juara Bertahan

"Sarana dan prasarana ini kita siagakan di daerah-daerah rawan banjir dan longsor. Selain itu, kami juga selalu berkoordinasi dengan TNI dan Polri serta jajaran terkait lainnya," ujarnya.

Di Pamekasan untuk daerah yang memiliki potensi terjadinya banjir, kata Budi Cahyono, di antaranya Kelurahan Patemon, Jungcangcang, Gladak Anyar, Desa Laden, Jalmak, Kecamatan Galis, Desa Konang, Kecamatan Pademawu, Desa Lemper, Kelurahan Barkot Timur.

"Sementara itu untuk daerah yang rawan longsor yaitu daerah Kadur, Palengaan, Batumarmar, Waru, Pasean dan Pegantenan," terangnya.

Tak hanya itu, kata Budi Cahyono, BPBD Pamekasan bekerja sama dengan PUPR Pamekasan dan semua elemen yang ada di Pamekasan selalu aktif melakukan Mitigasi pada masyarakat untuk selalu siap siaga terhadap terjadinya bencana banjir dan longsor yang bisa terjadi kapan saja.

"Selain itu BPBD dan PUPR juga sudah antisipasi terjadinya banjir dengan melakukan normalisasi sungai di Pamekasan. Kami di Pamekasan juga melakukan penanaman pohon bersama instansi terkait, relawan dan juga BPBD selalu menyampaikan peringatan dini kepada masyarakat melalui via media dan media sosial," ucap Budi Cahyono.

Budi Cahyono juga memberikan himbauan pada masyarakat Pamekasan untuk selalu berhati-hati dan tingkatkan kesiapsiagaan diri, keluarga, komunitas dan selanjutnya.

"Jagalah alam, insyaallah alam akan menjaga kita," tegas Budi Cahyono mengakhiri.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved