Berita Surabaya

PLN Pangkas Ranting Pohon di Jalan Wonokromo, Antisipasi Gangguan Listrik Wilayah Surabaya Selatan

PLN Wilayah Surabaya Selatan melakukan pemangkasan ranting pohon yang menggelayuti kabel listrik di sepanjang Jalan Wonokromo.

PLN Pangkas Ranting Pohon di Jalan Wonokromo, Antisipasi Gangguan Listrik Wilayah Surabaya Selatan
TRIBUNMADURA.COM/LUHUR PAMBUDI
Petugas Tim Right of way sedang melakukan pemangkasan pohon yang menggelayuti kabel listrik di sepanjang Jalan Wonokromo, Surabaya, Rabu (20/3/2019) 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - PLN Wilayah Surabaya Selatan melakukan pemangkasan ranting pohon yang menggelayuti kabel listrik di sepanjang Jalan Wonokromo atau tepatnya di sisi barat Stasiun Wonokromo, Rabu (20/3/2019).

Manager Area Layanan PT Haleyora Powerindo (HPI), Nur Huda menuturkan, dikarenakan jumlah pohon yang cukup banyak dan ukurannya relatif besar, pihaknya harus menerjunkan sekitar 25 petugas Right of Way (ROW) atau petugas rabas-rabas.

Nur Huda menjelaskan, para petugas yang turun merupakan petugas gabung dari lima rayon wilayah PLN yang tersebar di Surabaya.

Satu Bulan Jelang Pemilu 2019, KPU Tuban Baru Terima 70 Persen Surat Suara, Berikut Rinciannya

"Jadi semua personel di lima wilayah kami jadikan satu untuk lakukan pemangkasan di sini," kata Nur Huda, Rabu (20/3/2019).

Para Petugas ROW melakukan pemangkasan ranting atau batang pohon yang tampak menjulang tinggi hingga menggeluti kabel listrik.

Nur Huda mengaku, sedikitnya ada 20 pohon sono yang dipangkas ranting-rantingnya, yang tampak menggelayuti kabel listrik.

Hal itu dilakukan, agar pasokan listrik yang mengalir dari gardu induk Wonokromo melalui kabel vider penyulang 20 KV atau sekitar 20 Ribu Volt, tidak terhambat.

Khofifah Indar Parawansa Ajak PW Pemuda Muhammadiyah Jatim Entaskan Kemiskinan di Jawa Timur

Pasalnya beberapa kasus gangguan pelayanan listrik seperti listrik padam, ternyata disebabkan oleh ranting pohon menyentuh kabel listrik.

"Terkadang beberapa kasus padamnya listrik, disebabkan oleh ranting pohon yang menyentuh kabel," lanjutnya.

Pengamatan di lapangan, beberapa pohon yang tumbuh menjulang tinggi di balik pagar beton area Stasiun Wonokromo tampak menyentuh kabel listrik.

Terserempet Kereta hingga Terpental dan Tercebur ke Kolam, Pria Asal Surabaya Ini Selamat

Bahkan, ranting pohon yang menyentuh kabel beberapa kali memercikkan api, petanda terjadi korsleting listrik ringan.

Nur Huda mengatakan, kabel listrik yang melintang di langit-langit area Stasiun Wonokromo merupakan kabel utama yang mendistribusikan pasokan listrik di beberapa objek vital kota surabaya wilayah selatan.

"Jadi yang menyuplai listrik gedung-gedung besar, termasuk beberapa pelanggan premium kami," tandasnya.

Anak Pukul Ayah Kandung hingga Tewas Pakai Barbel, Pelaku Ternyata Pernah Dirawat di RS Jiwa Menur

Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved