Mulanya Cuma Ingin Mengedukasi, Pengunggah Foto Bungkus Mie Instan Tak Sangka Viral di Twitter & FB

Unggahan foto sampah bungkus Indomie yang didapat dari Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang, lewat akun twitter Fiansa @selfeeani viral

Mulanya Cuma Ingin Mengedukasi, Pengunggah Foto Bungkus Mie Instan Tak Sangka Viral di Twitter & FB
@selfeeani
Bungkus mie instan yang diposting oleh @selfeeani 

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Pengunggah sampah bungkus Indomie berusia 19 tahun, Fiansa Tiara Pradani, ingin mengedukasi masyarakat perihal pentingnya mengurangi sampah plastik kepada masyarakat.

Unggahan foto sampah bungkus Indomie yang didapat dari Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang, lewat akun twitter Fiansa @selfeeani viral dan mendapat respon dari warganet.

"Awalnya, saya cuman mau kasih pemahaman aja ke warganet bahwa sampah plastik ini sulit terurai. Makanya mari kita kurangin, eh ternyata dapat respon dari banyak orang," kata Fiansa kepada TribunMadura.com, Senin (8/4/2019).

Fiansa mengatakan penemuan sampah bungkus Indomie di Pantai Sendang Biru dilakukan saat dirinya melakukan penelitian untuk skripsinya. Saat ini, Fiansa sedang menempuh studi Ilmu Kelautan di Universitas Brawijaya, Malang.

"Saat nunggu air surut, saya sekalian bersihin sampah. Lalu nemu bungkus itu," kata dia.

Selama melakukan penelitian, Fiansa mengaku banyak membersihkan sampah di Sendang Biru. Hanya saja, ia tidak memperhatikan dengan seksama bungkus plastik yang dikumpulkan.

Derby Jatim Persebaya Vs Arema di Final Piala Presiden, Khofifah : Satu Nyali Satu Jiwa Guyup Rukun

Panpel Cetak 40 Ribu Tiket untuk Derby Jatim Arema Vs Persebaya, Harga Termurah Dipatok Rp 35 Ribu

Wanita ini Lahirkan Bayi di Atas Pohon Mangga Karena Rumahnya Diterjang Banjir, Prosesnya Memilukan

"Kalau biasanya ya banyak juga sampah yang dikumpulkan, cuman langsung masuk kantong saja. Waktu Indomie itu, kebetulan bungkusnya masih utuh termasuk gambarnya. Ya sudah sekalian saya unggha karena ada ucapan 'Dirgahayu Indonesia ke 55'," ujarnya.

World Economic Forum pada 2016 mencatat ada lebih dari 150 juta ton plastik di samudra planet ini. Tiap tahun, 8 juta ton plastik mengalir ke laut.

Padahal plastik bisa berumur ratusan tahun di lautan dan terurai menjadi partikel kecil dalam waktu yang lebih lama lagi. Plastik bakal terakumulasi terus dan terus di laut. (Aminatus Sofya)

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved