Berita Tuban

Diduga Korupsi Dana Pembangunan Kantor Desa, Kades Glondonggede Tuban akan Disidangkan di PN Tipikor

Kades Glondonggede Tuban ditangkap polisi setelah diketahui menyalahgunakan uang pembangunan kantor desa dari APBDes 2016.

Diduga Korupsi Dana Pembangunan Kantor Desa, Kades Glondonggede Tuban akan Disidangkan di PN Tipikor
TRIBUNMADURA.COM/M SUDARSONO
Anggota Polres Tuban ungkap kasus korupsi ADD yang dilakukan Kepala Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, di Polres Tuban, Sabtu (4/5/2019). 

Kades Glondonggede Tuban ditangkap polisi setelah diketahui menyalahgunakan uang pembangunan kantor desa dari APBDes 2016

TRIBUNMADURA.COM, TUBAN - Kades Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Kastur, kini telah ditahan di Lapas Klas IIB Tuban oleh pihak Kejaksaan Negeri Tuban, Senin (6/5/2019) kemarin.

Kades Glondonggede tersebut, diketahui menyalahgunakan uang pembangunan kantor desa dari APBDes 2016, senilai Rp 100 juta untuk kepentingan pribadi.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Tuban, Kusbiyantoro mengatakan, Kades Glondonggede itu, akan ditahan selama 20 hari, sejak pelimpahan tahap dua dari kepolisian.

Dana Pembangunan Kantor Desa Dipakai untuk Kepentingan Pribadi, Oknum Kades di Tuban Dibekuk Polisi

Setelah ditahan dalam kurun waktu tersebut, selanjutnya, Kades Glondonggede yang sudah ditetapkan sebagai tersangka itu, akan disidangkan ke Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya.

"Setelah ditahan 20 hari, selanjutnya akan disidangkan ke pengadilan negeri Tipikor Surabaya, sidang pertama itu," Ujarnya dikonfirmasi, Rabu (8/5/2019).

Sekadar diketahui, Kades Glondonggede ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian Polres Tuban pada 12 Oktober 2018 dan tak lama setelah itu, jabatannya dinonaktifkan.

Tersandung Kasus Penggelapan Dana Desa Ratusan Juta, Kades Glondonggede Tuban Ditahan Kejaksaan

Dari hasil penyidikan kepolisian, Kades Glondonggede menilap uang Rp 100 juta dari total uang pembangunan balai desa senilai Rp 157 juta.

Dari total uang pembangunan, Kades Glondonggede hanya bisa mempertanggungjawabkan Rp 50 juta dan mengembalikan uang Rp 7 juta dari uang uang dikorupsi 107 juta. 

"Yang dikorupsi Rp 100 juta, sudah kita limpahkan ke kejaksaan. Dijerat dengan UU Tipikor," Pungkas Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Mustijat Priyambodo.(nok) 

Jadwal Pilkades Serentak di Sampang Ditetapkan, Pemda Tinggal Minta Kepastian Tanggal dari Bupati

Penulis: Mohammad Sudarsono
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved