Telan Dana Rp 1 Miliar, Taman dan Patung Suroboyo Jadi Tambahan Wisata dan Spot Selfie di Surabaya

Taman Suroboyo kini dihiasi patung Suro dan Boyo setinggi 42 meter, yang telah dikerjakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Pelindo III

Penulis: Delya Oktovie | Editor: Aqwamit Torik
TRIBUNMADURA.COM/ACHMAD ZAIMUL HAQ
View aerial Patung Suroboyo tambah indah dengan adanya air mancur warna warni usai diresmikan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini di komplek Taman Suroboyo kawasan Bulak, Kenjeran, Rabu (29/5/2019) 

Telan Dana Rp 1 Miliar, Taman dan Patung Suroboyo Jadi Tambahan Wisata dan Spot Selfie di Surabaya

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Destinasi wisata terbesar di Surabaya Utara akhirnya diresmikan, Rabu (29/5/2019).

Taman Suroboyo kini dihiasi patung Suro dan Boyo setinggi 42 meter, yang telah dikerjakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Pelindo III sejak Agustus 2018 tersebut.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma), menyebut keinginannya membuat patung gigantis tepat di pesisir kota, adalah supaya ikon Surabaya bisa dilihat dari tengah laut.

"Waktu itu, saya ingin Surabaya tidak hanya bisa dilihat dari daratan, tetapi juga bisa dilihat dari lautan. Karena Surabaya itu kota pantai, mungkin kita ini kota dengan pantai terpanjang, karena mulai Barat, Timur, Utara, itu pantai semua kota kita," tutur Risma saat peresmian Taman dan Patung Suroboyo yang terletak di Jl. Pantai Kenjeran, Kedung Cowek, Bulak.

Rencana Pembunuhan 4 Jenderal, Begini Pribadi Tersangka Tajudin (TJ) Mantan Marinir di Mata Tetangga

Dul Jenguk Ahmad Dhani di Rutan Medaeng Bawa Banyak Ayam Goreng, Soal Lebaran: Lek Iso yo Nang Kene

Aksi 22 Mei di Jakarta Telan Korban, Tokoh Masyarakat di Pamekasan Madura Dukung Kinerja TNI/Polri

Taman dan patung yang berada di depan Sentra Ikan Bulak itu, kata Risma, sempurna untuk menunjukkan semboyan Jalesveva Jayamahe, karena Surabaya bisa jaya tidak hanya di darat, tetapi juga di laut.

Selain sebagai destinasi wisata, Risma juga ingin masyarakat bisa melampiaskan hasrat swafoto mereka, berlatar patung buatan seniman asal Bali, I Wayan Winten ini.

Ia pun meminta Pelindo III menambah undakan di depan patung, supaya ketika masyarakat berswafoto, keseluruhan patung bisa masuk dalam bingkai.

"Jadi kalau orang-orang mengambil view foto itu bisa utuh. Nanti akan disediakan banyak spot foto lain supaya yang suka selfie bisa foto-foto," ujarnya.

Risma juga membahas soal proyek cable car yang sempat tersendat karena berbagai permasalahan termasuk soal tanah.

Trek cable car nantinya diharapkan bisa melewati Taman Suroboyo, agar wisata Surabaya Utara bisa semakin menarik.

"Cable car insyaallah nanti ini, sudah dirapatkan sekretaris daerah, katanya November kelar. Tapi belum sampai sini (Taman Suroboyo). Nanti kami perpanjang sampai sini, tarik ke Lapangan Tembak," katanya.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, menyebut pihaknya hanya membantu Risma untuk mewujudkan impiannya memiliki ikon kasat mata di Surabaya Utara.

Pihaknya pun berusaha memberikan yang terbaik dengan menggandeng seniman Bali serta menggelontorkan dana sebesar kurang lebih Rp1 miliar.

"Kami hanya melakukan pembiayaan, jadi semua desain dari Pemkot, kami hanya tinggal menyelesaikan. Pengerjaannya hampir tiga bulan. Ini detailnya bagus, karena ini dari Bali," jelas Doso.

Pengerjaan patung ini sesuai keinginan Risma, yakni ketika kapal mau masuk Surabaya, bisa langsung melihat ikon ini.

"Kapal laut mau masuk Surabaya nanti bisa lihat ini, pasti kelihatan. Ke depan kami terserah bu wali bila ingin melibatkan dalam proyek lainnya. Cable car juga Pelindo siap membantu," ujarnya. (Delya Oktavie)

Dijaga Ratusan Aparat, PT Gudang Garam Sebar Salam Tempel Rp 50.000/Orang Kepada Ribuan Warga

Dua Rekening Bank Milik La Nyalla Mattalitti yang Diblokir Akan Dibuka Oleh Jaksa Eksekutor

Selama Seminggu, Terminal Purabaya Gandeng BI Buka Penukaran Uang Baru Lebaran 2019, Cek Waktunya

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved