Berita Bangkalan

Polres Bangkalan Dirikan Pos Kecelakaan Terpadu di Akses Jembatan Suramadu Berstatus Jalur Tengkorak

Polres Bangkalan mendirikan Pos Lakalantas Terpadu di perempatan akses Jembatan Suramadu.

Polres Bangkalan Dirikan Pos Kecelakaan Terpadu di Akses Jembatan Suramadu Berstatus Jalur Tengkorak
TRIBUNMADURA.COM/AHMAD FAISOL
Kapolres Bangkalan meresmikan Pos Lakalantas Terpadu di perempatan akses Jembatan Suramadu, Desa Sendeng, Kecamatan Labang, Sabtu (1/6/2019) 

Polres Bangkalan mendirikan Pos Lakalantas Terpadu di perempatan akses Jembatan Suramadu

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN - Polres Bangkalan, PT Jasa Marga, dan Dinas Kesehatan Bangkalan mendirikan Pos Lakalantas Terpadu di perempatan akses Jembatan Suramadu, Desa Sendeng, Kecamatan Labang.

Pendirian Pos Lakalantas Terpadu itu dilakukan untuk mengawasi adanya kecelakaan lalu lintas di black spot atau jalur tengkorak.

Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Paludin Tambunan mengungkapkan, pendirian Pos Lakalantas Terpadu itu tak lepas dari keperihatinan pihak kepolisian, Pemkab, dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bangkalan beberapa waktu lalu.

Waspadai 9 Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Nasional Trenggalek yang Dipetakan Dishub

"Mengingat banyaknya lakalantas yang terjadi di akses Suramadu," ungkap AKBP Boby Paludin Tambunan seusai meresmikan Pos Lakalantas Terpadu, Sabtu (1/6/2019) malam.

Berdasarkan catatan angka lakalantas di akses Jembatan Suramadu yang dihimpun Surya (Grup TribunMadura.com), terhitung sebanyak 25 kasus lakalantas terjadi periode Januari hingga pertengahan Desember 2017.

Jumlah korban mencapai 37 orang dengan rincian 9 orang meninggal dunia, 8 orang luka berat, dan 20 orang luka ringan.

Dari 25 kasus lakalantas sepanjang 2017, sebanyak 10 kejadian di antaranya merupakan kasus tabrak lari, dengan korban 2 orang meninggal, 8 orang luka berat, dan 8 orang luka ringan.

Kasus tabrak lari di akses Jembatan Suramadu sisi Madura itu lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.

Lebaran 2019, PT KAI Daop 8 Surabaya Turunkan Harga Tiket Kereta Api Menuju Jember dan Banyuwangi

Sepanjang tahun 2016, tercatat 4 kasus tabrak lari dari total 24 kasus lakalantas.

Kendati demikian, jumlah korban meninggal dunia akibat tabrak lari di akses Jembatan Suramadu mencapai 3 orang dari jumlah total 11 korban meninggal dunia, 6 luka berat, dan 21 menderita luka ringan

AKBP Boby Paludin Tambunan menjelaskan, selama ini masih terjadi kendala terkait kecepatan penanganan terhadap pengendara yang terlibat lakalantas di akses Suramadu.

Dengan keberadaan Pos Lakalantas Terpadu itu, lanjutnya, pihaknya berharap bisa memaksimalkan langkah antisipatif, memudahkan, dan mempercepat penanganan para korban lakalantas.

"Secara alamiah saya kira tidak ada yang ingin terlibat lakalantas. Namun keberadaan pos ini setidaknya memudahkan kami menentukan langkah," pungkasnya.

Tiga Hari Jelang Lebaran, Belum Ada Lonjakan Penumpang Arus Mudik di Terminal Tawangalun Jember

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved