Berita Sumenep

Wisata Religi Asta Ponjuk Sumenep Ramai Dikunjungi Warga di Hari Libur Lebaran, ini Harapan Warga

Salah satu wisata religi Asta Ponjuk, di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep kali ini ramai dikunjungi warga setelah lebaran Hari Raya

Wisata Religi Asta Ponjuk Sumenep Ramai Dikunjungi Warga di Hari Libur Lebaran, ini Harapan Warga
TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDZ SYAHBANA
Hari kedua lebaran Hari Raya Idhul Fitri 2019 di Objek wisata religi Asta Ponjuk di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Sumenep ramai dikunjungi warga, Kamis (6/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Wilayah kabupaten Sumenep sangat dikenal dengan destinasi wisata alamnya, bahkan wisata religi juga memiliki daya tarik dan menjadi tradisi warga setempat di momen lebaran Hari Raya Idul Fitri 2019 ini.

Salah satu wisata religi Asta Ponjuk, di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep kali ini ramai dikunjungi warga setelah lebara Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pantauan TribunMadura.com di lokasi wisata Asta Ponjuk, kurang lebih ribuan warga Sumenep berkunjung dan sudah menjadi tradisi dalam setiap tahun sehari setelah Lebaran.

"Saya memilih berlibur ke objek wisata asta ponjuk karena lumayan terkenal di kota Sumenep, dan yang paling menarik di tempat ini batu - batuannya, ombaknya juga dan bahkan Masyarakat setempat ramah sama kita," kata Kamil, pria asal Desa Matana Air, Kota Sumenep yang memilih berlibur ke Asta Ponjuk bersama keluarga, Kamis (6/6/2019).

Terjebak Harga Mahal di Warung Lesehan Bu Anny, Pengunjung Juga Terjebak Rasa Makanan Tak Lazim

Asisten Pelatih Persebaya Bejo Akui Biasa Formasi Tak Lengkap Saat Lebaran, Minus Rachmat Irianto

Fadli Zon Pernah Kritik Pembangunan Jalan Tol Era Jokowi, Kini Reaksinya Beda Saat Mudik Jadi Lancar

Pria yang memakai baju warna biru itu berharap, pemerintah setempat untuk bisa memperhatikan potensi wisata untuk terus dikembangkan kedepan.

"Harapan kami pada pemerintah supaya terus dikembangkan tempat - tempat wisata, salah satunya infrastruktur jalannya dan juga memanfaatkan warga untuk menjual makanan. Karena kita berlibur supaya ada penghasilan untuk warga daerah, kita kan butuh beli - beli dan penginapan. Saya lihat wisata asta ponjuk ini potensinya sangat besar," harapnya.

Hal senada juga diakui oleh Hamza Gazi, salah satu pengunjung yang mengaku kangen dengan batu unik yang menyatu dengan pantainya.

"Selain tempatnya dekat dengan rumah saya, dan paling ngangenin itu batuannya kayak bukan di Madura. Kalau pantai lainnya biasanya penuh dengan pasir, tapi disini batu unik ini menyatu dengan lautnya. Apalagi setiap berlibur ke tempat wisata ini serba gratis," kata warga asli Talango yang kuliah di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Menurut informasi yang dihimpun, objek wisata religi asta ponjuk yang berda di Desa Kombang dan kurang lebih 8 kilo meter dari pelabuhan Talango itu berada di ujung timur Kecamatan Talango.

Asta Ponjuk itu adalah dikebumikannya Ratu Zahara atau dikenal juga dengan nama Putri Kuning, yang tak lain adik dari kiai Abdurrahman alias Asta Majapahit bersama suaminya salah satu murid Sunan Ampel bernama Shyaih Muhammad Maghribi atau juga dikenal dengan Buyut Jimat dengan jarak 1,2 kilo meter dari Asta Maja Pahit Desa Kombang.

Gelontor Rp 960 Miliar, Real Madrid Disebut Hanya Membeli Pemain Mahal untuk Mengisi Bangku Cadangan

Putera Jokowi, Kaesang Pamerkan Potret Dirinya Tanpa Celana Jin, yang Malah Direspon oleh Gibran

Real Madrid Diprediksi Borong Pemain, Berikut Deretan Pemain Mahal Akan Panaskan Jendela Transfer

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved