Breaking News:

Gak Nyangka, Minuman Keras Fermentasi Cap Tikus Kini Mulai Merambah ke Pasar Mancanegara

Minuman fermentasi atau minuman keras tersebut, biasanya memiliki bahan dasar berupa air nira yang berasal dari pohon lontar.

Editor: Aqwamit Torik
Kolase TribunMadura.com (Sumber: Wikipedia dan Kontan)
Minuman beralkohol Cap Tikus 

Gak Nyangka, Minuman Keras Fermentasi Cap Tikus Kini Mulai Merambah ke Mancanegara

TRIBUNMADURA.COM  - Indonesia terkenal akan keragamannya, baik dari budaya maupun keragaman panganan dan minumannya, seperti minuman fermentasi beralkohol atau minuman keras.

Minuman fermentasi atau minuman keras tersebut, biasanya memiliki bahan dasar berupa air nira yang berasal dari pohon lontar.

Minuman fermentasi itu biasanya dinikmati saat acara adat di sebuah daerah di Indonesia.

Mulai dari sopi NTT, arak Bali, Cap Tikus Minahasa, dan masih banyak lagi. 

Namun kini minuman fermentasi lokal sudah mengalami banyak perkembangan, varian dan sudah adanya izin, standar dan pengawasan dari pemerintah yang membuat minuman lokal tersebut semakin bergeliat.

Terbentur Izin Keamanan Polisi, Kick Off Laga Persebaya Surabaya Vs Persela Lamongan Berubah

Pelatih Real Madrid Tolak Pemain Gratisan ini dan Lebih Pilih Pogba Harga Fantastis, Penyebabnya?

Dikutip dari Kontan.co.id (grup TribunMadura.com ) Salah satu minuman fermentasi lokal yang sudah mendapatkan izin beredar ialah Cap Tikus 1978 asal Minahasa. Sebagai satu-satunya Cap Tikus yang memiliki izin beredar Kepala Marketing Cap Tikus 1978 Mario Baraputra menyebut jika produknya mulai resmi meluncur pada Desember 2018.

Meski belum ada setahun Cap Tikus 1978 kini sudah memiliki pasar di seluruh Indonesia. Papua menjadi pasar yang paling banyak disuplai minuman berkadar alkohol 45% tersebut.

"Suplai paling banyak ke Papua banyak. Jadi setiap bulan bisa kirim sebanyak 2 sampai 3 kontainer ke sana," terang Mario yang ditemui Kontan.co.id (grup TribunMadura.com ).

Cap Tikus 1978 mulai merambah pasar di luar Sulawesi Utara pada Februari lalu. Harga ritel Cap Tikus 1978 adalah Rp 80 ribu ukuran 320 ml. Berkembangnya zaman dan sejak adanya izin, Cap Tikus 1978 memberikan sentuhan yang berbeda dengan inovasi kemasan yang unik.

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved