Kabinet Kerja Jokowi Maruf Amin

Ketum Relawan Jokowi Nilai Peluang Pakde Karwo Jadi Menteri Lebih Tinggi Dibanding AHY, ini Sebabnya

Ketua Umum Relawan Jokowi (ReJO) Nilai Peluang Pakde Karwo Lebih Menjadi Menteri Jokowi di Lebih Tinggi Dibanding AHY, Begini Analisanya.

Editor: Mujib Anwar
TRIBUNMADURA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Soekarwo (Pakde Karwo), mantan Gubernur Jawa Timur dua periode (2009-2019) - Ketua Umum Relawan Jokowi (ReJO) Menilai Peluang Pakde Karwo Lebih Menjadi Menteri Lebih Tinggi Dibanding AHY, Simak Analisanya. 

Ketua Umum Relawan Jokowi Nilai Peluang Pakde Karwo Lebih Menjadi Menteri Jokowi Lebih Tinggi Dibanding AHY, Begini Analisa dan Sebabnya

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNMADURA.COM, JAKARTA - Peluang mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau Pakde Karwo untuk terpilih dan masuk Kabinet Kerja Jokowi Maruf Amin alias menjadi menteri Jokowi, dinilai lebih besar dibandingkan dengan kader Partai Demokrat lainnya, seperti Komandan Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Relawan Jokowi (ReJO), HM Darmizal MS.

Menurut HM Darmizal MS, peluang Pakde Karwo, mantan Gubernur Jawa Timur dua periode berada dalam barisan menteri Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi Maruf Amin lebih besar.

Bahkan peluangnya dinilai lebih dibandingkan dengan kader Partai Demokrat lainnya, seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Saya sarankan sebaiknya AHY fokus berjuang untuk menjadi Ketua Umum Partai Demokrat pada Kongres sekitar Mei tahun 2020 mendatang," ujar Darmizal, Senin (1/7/2019).

Komunitas Pakde Karwo Beri Selamat Untuk Jokowi - Maruf Amin yang Jadi Presiden dan Wapres Terpilih

Pakde Karwo Jadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia Gantikan Sutiyoso, Laba Bersih Rp 3 Triliun

Darmizal berpendapat, Soekarwo lebih berpengalaman di bidang pemerintahan dan politik di Tanah Air.

Darmizal mengatakan pengalaman Pakde Karwo yang panjang dipemerintahan dan 10 tahun menjadi Gubernur Jawa Timur akan sangat membantu pemerintahan Jokowi-Maruf Amin lima tahun ke depan.

Sementara AHY, lanjut mantan Pimpinan Komisi Pengawas (Komwas) Partai Demokrat itu, dinilai masih terlalu muda untuk berkancah di politik dan birokrasi.

"Jadi, (AHY) akan sulit mengimbangi kerja pak Jokowi yang tangkas dan serba cepat. Berbeda dengan pakde Karwo yang pengalamannya sudah matang," ucapnya.

Khofifah dan Emil Dardak Silaturahmi Lebaran ke Rumah Pakde Karwo, Menu Istimewa ini yang Disuguhkan

Jokowi Menang Tebal di Jatim Atas Prabowo di Pilpres, Pakde Karwo: Rakyat Puas Pada Kinerja Petahana

Sebelumnya, pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menilai Joko Widodo lebih sreg menarik Soekarwo yang akrab disapa Pakde Karwo di kursi kabinet 2019-2024.

Pasalnya, di kalangan tokoh parpol koalisi, Pakde Karwo lebih diterima dibanding sosok AHY.

"Cukup sulit memprediksinya sebab jika Jokowi memberi peluang pada Demokrat dan Demokrat itu Pak SBY maka AHY yang akan disorongkan utama, tetapi penerimaan AHY di koalisi Pak Jokowi lebih terjal daripada Pakde," katanya, Minggu (30/6/2019).

Dia memprediksi, untuk menghindari konflik di parpol koalisi, besar kemungkinan Jokowi akan memilih Pakde Karwo. Yang merepresentasikan seorang birokrat dan profesional, ketimbang kader parpol.

"Dalam situasi seperti itu sepertinya Pakde Karwo lebih berpeluang diterima koalisi Jokowi ketimbang AHY. Pakde itupun akan lebih banyak merepresentasikan sebagai birokrat profesional ketimbang sebagai kader partai," tegasnya.

Sebarkan Foto Jokowi dan Hakim yang Diedit Aneh ke Dunia Maya, Cewek Asal Blitar ini Shock Menangis

Lulus Baca Yasin dan Tahlil, Fadil Akhirnya Menjadi Menantu Tokoh NU Mantan Menteri & Gubernur Jatim

Kenalan Lewat WA Hingga Tarif Kencan, Berikut 5 Fakta Penting Pria Gay Tulungagung Cabuli 50 Lelaki

Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved