Ibadah Haji 2019

Beberapa Hari Jelang Terbang ke Tanah Suci, Lima CJH Asal Sumenep Gagal Berangkat

Beberapa Hari Jelang Terbang ke Tanah Suci, Lima CJH Asal Sumenep Madura Gagal Berangkat

Beberapa Hari Jelang Terbang ke Tanah Suci, Lima CJH Asal Sumenep Gagal Berangkat
TRIBUNMADURA/ALI HAFIDZ SYAHBANA
Calon Jamaah Haji (JCH) asal Kabupaten Sumenep Madura ketika melakukan kegiatan Manazik Haji di Sumenep beberapa hari lalu. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Dari jumlah total sebabyak 752 orang Calon Jamaah Haji (CJH) asal Sumenep, Madura, ada lima orang gagal berangkat ke tanah suci.

Dari lima orang CJH Sumenep yang gagal berangkat tersebut, satu meninggal dunia dan empat orang lainnya sakit.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kemenag Kabupaten Sumenep, Moh Rifai Hasyim, mengatakan, bahwa dari kelima orang yang gagal berangkat, tiga orang ada di kloter 06 dan kemudian dua orang ada di kloter 07.

"Hal itu sudah dilaporkan ke pihak siskuat Jawa Timur supaya kekosongan itu akan diisi oleh Kabupaten atau kota yang menjadi penyangga," kata Hasyim sapaan akrapnya. Sabtu (6/7/2019).

Menurutnya, lima orang CJH yang gagal berangkat tersebut berasal dari Kecamatan/Pulau Arjasa, Kecamatan Ambunten, Ganding dan Batang-Batang.

Untuk itu, pihaknya, kata Hasyim menghimbau kepada para CJH yang berangkat ke tanah suci untuk senantiasa menjaga nama baik Indonesia dan terutama menjaga kesehatan.

"Saya sampaikan pada seluruh JCH tetap menjaga nama baik Indonesia, karena haji adalah berkumpulnya orang se dunia di tanah Arab. Kedua, harus menjaga kesehatan, karena disana itu suhunya minimal mencapai 48 drajat, dan maksimal 50 drajat," tegasnya.

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved