Berita Sumenep

Penetapan Calon Terpilih di Pileg 2019 Masih Belum ada Kejelasan, Sebut Menunggu Edaran MK

Isi dari pada surat edaran tersebut harus menunggu Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang nanti akan diberikan

Penetapan Calon Terpilih di Pileg 2019 Masih Belum ada Kejelasan, Sebut Menunggu Edaran MK
TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDZ SYAHBANA
Deki Prasetia Utama, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sumenep, saat ditemui TribunMadura.com di ruang kerjanya. Senin (8/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Penetapan calon terpilih pada pemilihan legislatif ( Pileg 2019 ) dan pemilihan presiden Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sampai saat ini belum ada kejelasan, padahal sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep menginformasikan penetapan legislatif akan digelar pada tanggal 4 Juli 2019 lalu.

"Berhubung ada surat edaran dari KPU RI, terkait dengan penetapan hasil pleno kemarin itu ditunda," kata Deki Prasetia Utama, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sumenep. Senin (8/7/2019).

Menurut Deki sapaan akrapnya, bahwa Isi dari pada surat edaran tersebut harus menunggu Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang nanti akan diberikan ke KPU RI.

"Setelah itu baru nanti KPU Provinsi dan Kabupaten bisa menetapkan Caleg terpilih 2019," paparnya.

Bukan Terpeleset, Terkuak Sebab Kematian Pendaki Thoriq yang Jasadnya Ditemukan di Gunung Piramid

Pemuda Tebas Leher Ayah yang Sakit Lumpuh Menggunakan Kapak Setelah Makan Malam, Sang Ibu Histeris

Awal Mula Sutopo Purwo Nugroho Idap Kanker Paru, Kerap Batuk dan Sempat Dikira Asam Lambung

Alasan penundaan penetapan itu kata Deki, sampai saat ini masih ada beberapa di Jawa Timur (Jatim) bersengketa Calegnya di MK.

"Nanti ada surat edaran lagi dari MK, dan sampai saat ini kita belum tahu ini masih menunggu dari KPU RI dan Provinsi," tukasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, A. Warist menyampaikan bahwa pada Hari Kamis, (4/7/2019) nanti akan segera ditetapkan calon terpilih pada pemilihan legislatif ( Pileg 2019 ) dan pemilihan presiden Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Jadwal penetapan legislatif nanti tanggal 4 Juli 2019, itu sudah sesuai peraturan bahwa penetapan hasil pemilu ditetapkan maksimal tiga hari setelah pencatatan perkara di MK," kata Wrist sapaan akrapnya. Selasa (2/7/2019).

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved