Berita Surabaya

Polda Jatim Kenalkan Alat Pendeteksi yang Digunakan Penyidik Ungkap Kasus UU ITE Vanessa Angel

Polda Jatim memamerkan alat pendeteksi yang pernah mengungkap kasus UU ITE artis Vanessa Angel.

Polda Jatim Kenalkan Alat Pendeteksi yang Digunakan Penyidik Ungkap Kasus UU ITE Vanessa Angel
TRIBUNMADURA.COM/SYAMSUL ARIFIN
Celebrite Ufed Touch 

Polda Jatim memamerkan alat pendeteksi yang pernah mengungkap kasus UU ITE artis Vanessa Angel

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Sejumlah peralatan dipamerkan Polda Jatim saat peringatan HUT Bhayangkara ke-73 di Lapangan Kodam V Brawijaya.

Satu di antara alat-alat yang dipamerkan tersebut, yakni perangkat pemeriksa isi ponsel dan serpihan bom, Celebrite Ufed Touch.

Celebrite Ufed Touch merupakan koleksi alat dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Surabaya.

Fakta-Fakta Vanessa Angel Bebas dari Penjara, Sapa Warga Binaan Rutan hingga Tak Didampingi Ayah

Kepala Urusan Narkoba Forensik Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya, AKP Yuli Khrisna mengungkapkan, alat ini pernah menangani kasus UU ITE yang melibatkan artis Vanessa Angel.

"Dengan alat ini juga pernah memeriksa ponsel Vanessa Angel dalam kasus pelanggaran UU ITE," ungkap AKP Yuli Khrisna, Kamis (11/7/2019).

AKP Yuli Khrisna menjelaskan, perangkat digital buatan Inggris itu bisa mengakses semua aktifitas ponsel dari SMS, chatting, suara, video, dan aktifitas aplikasi lainnya.

"Saat ponsel tersambung dengan konektor, semua isi ponsel bisa diakses melalui layar monitor laptop. Bahkan aktifitas yang sudah dihapus di ponsel," lanjutnya.

Dinkes Jatim Belum Cabut Status KLB Hepatitis A di Pacitan Meski Jumlah Penderitanya Tak Bertambah

Menurut AKP Yuli Khrisna, alat tersebut kerap digunakan jika suatu penyidikan kasus memerlukan informasi atau bukti dari ponsel terduga pelaku atau korban.

"Semua informasi dari ponsel bisa diakses melalui alat ini. Karena prinsipnya di semua ponsel saat nomor ponsel diregistrasi, semua aktifitas pasti bisa diakses," terangnya.

Selain Celebrite Ufed Touch, Polda Jatim juga memamerkan beragam perangkat bersifat portable, seperti perangkat gas detector untuk mendeteksi aroma gas dan perangkat pemeriksa uang palsu.

AKP Yuli Khrisna mengatakan, semua peralatan di Labfor Mabes Polri merupakan peralatan yang mendukung kinerja penyidikan polisi dengan pendekatan Scientific Crime Investigation.

"Yang kami bawa di stan hanya peralatan yang bersifat portable. Di kantor masih banyak peralatan yang berukuran besar," pungkasnya.

Ketakutan Tak Mau Pergi Ngaji di Rumah Guru, Santriwati ini Ungkap Pengakuan Mengejutkan pada Ibunya

Penulis: Syamsul Arifin
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved