Berita Pamekasan

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura Tanam Ratusan Pohon Mangrove, Demi Cegah Abrasi Pantai

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Trunojoyo Madura melakukan penanaman pohon mangrove di bibir Pantai Padelegan, Pamekasan

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura Tanam Ratusan Pohon Mangrove, Demi Cegah Abrasi Pantai
TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Mahasiswa KKN UTM Tematik, Kelompok 8 saat melakukan penanaman pohon Mangrove di bibir Pantai Padelegan, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Sabtu (13/7/2019) 

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura Tanam Ratusan Pohon Mangrove, Demi Cegah Abrasi Pantai

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Menyikapi fenomena terjadinya abrasi pada pantai-pantai yang berada di wilayah Kabupaten Pamekasan, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Trunojoyo Madura melakukan penanaman pohon mangrove di bibir Pantai Padelegan, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Sabtu (13/7/2019).

Kegiatan penanaman mangrove itu dibantu oleh Perangkat Desa Padelegan dan masyarakat setempat yang memberi dukungan kegiatan program mahasiswa KKN UTM tersebut, dengan memberi izin penanaman pohon mangrove di sekitar pesisir Pantai Padelegan.

Koordinator KKN UTM Kelompok 8, Zainy Madjid mengatakan, ia bersama kelompoknya melakukan penanaman pohon Mangrove itu karena abrasi yang sangat parah di daerah tanggul UPT Instalasi sumber daya air laut yang berada di bibir Pantai Desa Padelegan.

Remaja 16 Tahun Nyaris Dijadikan Budak Seks Sindikat Perdagangan Manusia, Lalu Diselamatkan Polisi

Bukan Terpeleset, Terkuak Sebab Kematian Pendaki Thoriq yang Jasadnya Ditemukan di Gunung Piramid

Sebulan Pacaran Pemuda Surabaya Mau Nikahi Gadis Bandung, Grand Max Bikin Bubar & Bongkar Belangnya

"Kebetulan lahan itu punya UTM jadi kami tanami Pohon Mangrove untuk mencegah terjadinya abrasi yang sangat parah," kata Zainy Madjid kepada TribunMadura.com.

Seli itu, Zainy Madjid menjelaskan, ia bersama kelompoknya melakukan penanam Pohon Magrove itu juga dilatarbelakangi akibat tingkat abrasi pantai di Desa Padelegan semakin parah dan membahayakan lingkungan tempat tinggal disekitar pesisir.

Sehingga ia dan kelompoknya berinisiasi untuk perlu dilakukan rehabilitasi tempat penanaman mangrove agar lingkungan di pesisir Pantai Padelegan tetap terjaga.

"Untuk bibitnya, kami dapat dari Babinsa Padelegan, Bibit Pohon Mangrove yang kami tanam sebanyak 362 dengan tinggi bibitnya 30-40 cm. Penanaman kami lakukan dua hari, dari kemarin sore dan hari ini," ujar Zainy Madjid.

Lebih lanjut, Zainy Madjid mengatakan, bahwa tujuan dilakukanya kegiatan penanam pohon Mangrove tersebut adalah bagian dari bentuk pengabdian pada masyarakat.

Khususnya masayarakat di Desa Padelegan selama ini kampungnya terus dilanda Abrasi.

"Semoga dengan adanya penanaman ini diharap sedikit bisa menahan laju abrasi," tandasnya.

Cuaca Terik Madinah Bikin Calon Jamaah Haji Rentan Penyakit, Begini Imbauan Tim Pemandu Haji Sumenep

Pacari Anak 13 Tahun, Pemuda ini Hubungan Badan di Kandang Ayam & Ketiduran, Ortu Datang Berpelukan

PDIP Kota Surabaya Laporkan Akun Facebook, Sebarkan Editan Gambar Jokowi dan Megawati tak Senonoh

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved