Berita Pamekasan

Disparbud Pamekasan Kenalkan Potensi Pariwisata dan Kuliner Pamekasan di TMII Anjungan Jawa Timur

pertunjukan 'Seni Budaya Tradisional Madura di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Anjungan Jawa Timur

Disparbud Pamekasan Kenalkan Potensi Pariwisata dan Kuliner Pamekasan di TMII Anjungan Jawa Timur
istimewa
Wisatawan asing saat mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Anjungan Jawa Timur melihat Kuliner Campur Lorjuk Khas Pamekasan, Selasa (16/7/2019). 

Disparbud Pamekasan Kenalkan Potensi Pariwisata dan Kuliner Pamekasan di TMII Anjungan Jawa Timur

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pamekasan terus melakukan berbagai gebrakan dan inovasi untuk mengenalkan berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Pamekasan.

Salah satunya yakni dengan cara menggelar pertunjukan 'Seni Budaya Tradisional Madura di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Anjungan Jawa Timur yang bekerjasama dengan Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur.

Acara yang dihadiri langsung oleh Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dan juga tokoh-tokoh masyarakat Pamekasan yang berada di Jakarta tersebut, bertajuk, 'Merajut Rasa Cipta dan Karsa menuju Pamekasan Hebat, Melalui Gerak Lagu Madura, Dramatari Durrahem dan Marlena'.

Hotman Paris Ungkap Dapat Honor Rp 50 M dari Klien, Sebut Kasus ini Jadi Ladang Bisnis Pengacara

Kerja di Perusahaan Tambang Batu Bara saat 20 Bulan Jadi Buron, Pemuda ini Akhirnya Ditangkap Polisi

Madura United Tersungkur di Kandang Persipura Jayapura, Dejan Antonic Soroti Konsentrasi Pemainnya

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pamekasan, Achmad Sjaifuddin mengatakan, pihaknya tampil pada pagelaran acara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Anjungan Jawa Timur dalam rangka event tahunan.

Selain itu, untuk mempromosikan serta membranding seni budaya Pamekasan dan juga mengenalkan produk unggulan Pamekasan.

"Saat acara berlangsung, kami menampilkan beragam jenis seni budaya, khususnya dari Pamekasan, menyajikan berbagai macam seni tari klasik dan modern, tari penyambutan, musikalisasi puisi, lagu-lagu Madura, fashion batik Pamekasan, serta sendratari Durrahem dan Marlena," kata Achmad Sjaifuddin kepada TribunMadura.com, Selasa (16/7/2019).

Lebih lanjut Achmad Sjaifuddin mengaku, ia juga mengirimkan duta seni budaya dari Pamekasan yang dikenal dengan sebutan 'Kacong Chebbhing' dan produk unggulan Pamekasan untuk dikenalkan kepada masyarakat luar.

"Kita mengirimkan duta seni budaya dan produk unggulan itu untuk mempromosikan Pamekasan kepada semua yang hadir di TMII Anjungan Jawa Timur. Sajian budaya dan produk unggulan yang kami bawa kesana itu untuk menarik orang agar datang ke Pamekasan," ucap Achmad Sjaifuddin.

Bahkan yang tak kalah pentingnya, kata Achmad Sjaifuddin, pihaknya juga mempromosikan kuliner khas Pamekasan yang mulai dikenal hingga Nasional yakni 'Campur Lorjuk'

"Kemudian kami juga membawa batik Pamekasan untuk dipromosikan dan dipamerkan. Serta yang tidak kalah pentingnya kami mempromosikan kuliner Campur Lorjuk, Kerupuk Tette dan Kerupuk Tangguk," jelas Achmad Sjaifuddin.

"Pengunjungnya itu selain dari tamu undangan dan tokoh masyarakat Pamekasan yang ada di Jakarta, juga ada tamu dari luar. Dan para bule itu tertarik dengan kuliner khas Pamekasan yaitu Campur Lorjuk," tambahnya.

Dengan begitu, Achmad Sjaifuddin berharap, potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Pamekasan, baik berupa kuliner, pariwisata serta kekayaan kesenian dan kebudayaan Pamekasan dapat dikenal Nasional hingga mancanegara.

"Alhamdulillah banyak pengunjung yang mampir, dan menikmati acara yang kami sajikan. Ini juga sebagai ajang melepas kerrong (kangen) kepada tokoh Pamekasan yang berada di Jakarta tentang suasana khasnya Madura khususnya Pamekasan. Mudah-mudahan dengan sajian tersebut, nantinya akan banyak orang yang datang ke Pamekasan," harapnya.

Perut Bayi 4 Bulan Membesar Akibat Orang Tuanya Memberi Makan Nasi, Bisa Jadi Pelajaran Orang Tua

Dilaporkan Warga Sering Berada di Dekat Pasar, Pasutri Asal Kediri ini Akhirnya Ditangkap Polisi

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved