Kasus Ahmad Dhani

Hakim Harus Batalkan Vonis 1 Tahun Penjara Ahmad Dhani, Kuasa Hukum Sebut Pendapat Ahli Diamputasi

Hakim Harus Batalkan Vonis 1 Tahun Penjara Kasus Vlog Idiot, Kuasa Hukum Ahmad Dhani: Pendapat Ahli Diamputasi.

Hakim Harus Batalkan Vonis 1 Tahun Penjara Ahmad Dhani, Kuasa Hukum Sebut Pendapat Ahli Diamputasi
TRIBUNMADURA.COM/ACHMAD ZAIMUL HAQ
Terdakwa kasus dugaan pencemaran nama baik Ahmad Dhani seusai mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (11/6/2019). 

Hakim Harus Batalkan Vonis 1 Tahun Penjara Kasus Vlog Idiot, Kuasa Hukum Ahmad Dhani: Pendapat Ahli Diamputasi

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Dalam memori banding yang didaftarkan ke Pengadilan Tinggi Jatim, kuasa hukum Ahmad Dhani, Sahid menyatakan, bahwa vonis yang dijatuhkan oleh majelis hakim atas kasus vlog idiot tidak mempertimbangkan pendapat ahli.

Hakim juga dianggap telah melakukan 'amputasi' pendapat ahli baik dari ahli pidana maupun ahli ITE.

Dalam putusan kemarin, pertimbangan hukum hakim dianggap tidak lengkap, karena tidak memuat secara utuh keterangan saksi-saksi dan terdakwa, juga bukti-bukti lainnya.

"Misalnya begini, hakim mengutip pendapat dari Ahli Hukum Pidana, Dr. Yusuf Jacobus Setyabudhi. Namun, pendapat ahli tersebut tidak diambil secara utuh, diamputasi, dipotong-potong, dan membuat kesimpulan sendiri," terang Sahid, Rabu, (17/7/2019). 

Sehingga, hakim dalam konstruksi keyakinannya menjatuhkan pidana dianggap tidak didasarkan pada ketentuan hukum acara pembuktian yang berlaku sebagaimana dalam aturan pasal 183 KUHAP.

Atas dasar berbagai persoalan itu, pihaknya berharap hakim Pengadilan Tinggi nantinya akan menerima permohonan banding Ahmad Dhani atau bernama lengkap Dhani Ahmad Prasetyo tersebut. 

Selain itu, Sahid juga berharap hakim akan membatalkan Putusan Pengadilan Negeri Surabaya Nomor: 275/Pid.Sus/2019/PN.Sby tertanggal 11 Juni 2019 tersebut.

Ajukan Banding, Ahmad Dhani Minta Hakim Batalkan Putusan 1 Tahun Penjara Soal Kasus Vlog Idiot

BREAKING NEWS - Terbukti Bersalah Bikin Vlog Idiot Ahmad Dhani Divonis 1 Tahun Penjara

Mau Rayakan Ultah, Ahmad Dhani Dapat Kado Istimewa Dari Sosok Terdekat yang Tak Pernah Menjenguknya

"Kami berharap hakim ditingkat banding akan membatalkan putusan Pengadilan Negeri Surabaya," tegas Sahid.

Sebelumnya, musisi sekaligus politisi dari Partai Gerindra, Ahmad Dhani divonis 1 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya

Ia dinyatakan terbukti bersalah, melakukan tindak pidana melakukan pencemaran nama baik melalui vlog yang dibuatnya di Hotel Majapahit beberapa waktu lalu. 

Ahmad Dhani dilaporkan oleh sejumlah orang yang tergabung dalam Koalisi Bela NKRI. Mereka melaporkan pentolan grup band Dewa19 itu ke polisi, lantaran mengunggah vlog yang intinya mengandung umpatan idiot.

Atas kasus ini, Ahmad Dhani pun dijerat dengan Pasal 45 ayat (3) jo pasal 27 ayat (3) UU RI No.19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronika 

Dalam kasus ini Ahmad Dhani tidak dilakukan penahanan. Namun Ia ditahan dalam kasus ujaran kebencian yang divonis oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Kasus ini sendiri, hingga kini masih dalam tahap kasasi di Mahkamah Agung.

Penulis: Syamsul Arifin
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved