Berita Pamekasan

Kampung Siaga Bencana (KSB) Arek Lancor Dikukuhkan Sekdaprov Jatim: Pamekasan Rawan Bencana

Kampung Siaga Bencana Arek Lancor Pamekasan Dikukuhkan Sekdaprov Jatim: Pamekasan Rawan Bencana.

Kampung Siaga Bencana (KSB) Arek Lancor Dikukuhkan Sekdaprov Jatim: Pamekasan Rawan Bencana
TRIBUNMADURA/KUSWANTO FERDIAN
Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono memberikan bantuan logistik kepada KSB Arek Lancor di Lapangan Desa Patemon, Kecamatan Kota, Kabupaten Pamekasan, Sabtu (3/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono mengukuhkan 60 relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) Arek Lancor, di Lapangan Desa Patemon, Kecamatan Kota, Kabupaten Pamekasan, Sabtu (3/8/2019).

60 relawan KSB Arek Lancor tersebut merupakan masyarakat setempat yang rela mengabdikan dirinya untuk bekerja di bidang kemanusiaan dalam menanggulangi bencana.

Sebelumnya KSB Arek Lancor sudah melakukan pelatihan dan menggelar simulasi yang langsung dilatih oleh Tagana Jawa Timur.

Heru Tjahjono mengatakan, berdasar data indentifikasi dari Dinas Sosial, sejumlah kabupaten yang ada di Jawa Timur terdapat beberapa kabupaten yang termasuk kategori rawan bencana.

Satu diantaranya yakni, Kabupaten Pamekasan.

"Kabupaten Pamekasan termasuk daerah rawan bencana nomor 12 di Jawa Timur. Sebagai kabupaten kota yang rawan bencana," kata Heru Tjahjono kepada TribunMadura.com.

Heru Tjahjono mengutarakan, tujuan utama dibentuknya KSB Arek Lancor adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana berdasarkan kearifan lokal.

"Dengan adanya KSB ini, nantinya jika ada bencana di Pamekasan, khususnya di Desa Patemon yang terkenal dengan bencana rawan banjir bisa langsung siap melakukan penyelamatan, jadi bukan hanya pemerintah saja," ujarnya.

Selain itu, Heru Tjahjono mengaku, bahwa KSB Arek Lancor ini dibentuk di Pamekasan atas inisiatif dari Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

Mengingat karena di Pamekasan khususnya Desa Patemon jika memasuki musim hujan rawan bencana banjir.

"Oleh sebab itu ini program yang diminta oleh Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam kepada Gubernur Jawa Timur, Bunda Khofifah, agar di Pamekasan dibentuk kampung siaga bencana," ungkap Heru Tjahjono.

Lebih lanjut, Heru Tjahjono mengatakan, jika KSB Arek Lancor ini nantinya akan terus dilatih dan akan dibantu dengan peralatan yang ada.

Sehingga pada saatnya nanti jika kampung atau desa mereka terdampak bencana, mereka sudah siap untuk melakukan penyelamatan.

"Dengan ditentuknya KSB Arek Lancor ini harapan saya masyarakat akan lebih siap jika suatu saat kampung mereka terdampak bencana," tandasnya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved