Breaking News:

Berita Pamekasan

Dukung Budaya Literasi, Dosen dan Mahasiswa Universitas Madura Ciptakan Alat Perspustakaan Digital

Dukung Budaya Literasi, Dosen dan Mahasiswa Universitas Madura (Unira) Ciptakan Alat Perspustakaan Digital.

TRIBUNMADURA/KUSWANTO FERDIAN
Sekda Pamekasan Totok Hartono saat mengecek alat sistem informasi presensi pengunjung persputakaan berbasis RFID di Aula SMAN 1 Pamekasan, Senin (19/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Dosen dan Mahasiswa Universitas Madura (Unira), Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menyerahkan bantuan alat dan software sistem informasi presensi pengunjung persputakaan berbasis RFID di Aula SMAN 1 Pamekasan, Senin (19/8/2019).

Penyerahan alat sistem informasi presensi pengunjung persputakaan berbasis RFID itu diberikan kepada pihak pengelola perpustakaan SMAN 1 Pamekasan.

Pada saat penyerahan alat, disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pamekasan, Totok Hartono, Perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Pamekasan, seluruh jajaran Dosen Unira dan para guru SMAN 1 Pamekasan.

Peneliti atau Pencetus Alat sekaligus Dosen Teknik Informatika Unira, Sholeh Rachmatullah mengatakan, kegelisahan pihaknya sebelum membuat alat tersebut bermula dari survei lapangan ketika berkunjung ke perpustakaan SMAN 1 Pamekasan.

Saat berkunjung, Sholeh melihat penjaga perpus di SMAN 1 Pamekasan saat ada siswa-siswinya yang sedang meminjam buku atau mengembalikan buku masih menggunakan catatan kertas secara manual.

Dari masalah itulah, Sholeh dan mahasiswanya berinisiatif untuk membuat alat yang lebih efektif untuk meringankan beban pekerjaan dari penjaga perpustakaan tersebut.

Pada akhirnya, Sholeh dan mahasiswanya membuatlah penelitian tentang perpustakaan digital.

"Jadi saat kami melakukan survei itu, siswa di sini (SMAN 1 Pamekasan) saat meminjam buku dan mengembalikan buku itu pencatatannya masih manual dicatat di kertas," kata Sholeh kepada TribunMadura.com.

VIRAL - Pakai Suzuki Satria Brong, Dua Pemuda Tulungagung Terobos Barisan Upacara HUT Kemerdekaan RI

Besok Jamaah Haji Asal Pamekasan Madura Akan Tiba di Tanah Air, Berikut Jadwal Lengkap Kedatangannya

Setengan Miliar Uang Rakyat Dipakai Untuk Pesangon Anggota DPRD Pamekasan, Dua Hari Lagi Dibagikan

"Jadi mereka (siswa) punya kartu perpus yang pada umumnya itu, yang pada bagian depan kartunya terdapat foto serta identitas siswa dan dibelakang kartunya itu ada semacam catatan begitu, kemudian kalau mereka pinjam buku, ya bukunya dicatat dibaliknya. Bagi saya itu masih manual ya," tambah Sholeh.

Halaman
1234
Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved