Breaking News:

Berita Jatim

2 Anggota DPRD Periode 2019-2024 Berstatus Tersangka, Pemprov Sebut Bisa PAW, Tanggapan Partai Beda?

Dua Anggota DPRD Periode 2019-2024 Berstatus Tersangka, Pemprov Sebut Bisa PAW Kapanpun, Tapi Tanggapan Partai Berbeda?

TRIBUNMADURA/NURAINI FAIQ
Anggota DPRD Kota Surabaya dari Partai Demokrat Ratih Retnowati (baju biru) saat rapat paripurna sumpah jabatan anggota DPRD Surabaya periode 2019-2024, di Gedung DPRD Surabaya, Sabtu (24/8/2019). 

Dua Anggota DPRD Periode 2019-2024 di Jatim Berstatus Tersangka, Pemprov Sebut Bisa PAW Kapanpun, Tapi Tanggapan Partai Berbeda?

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Dua anggota DPRD periode 2019-2024 di Jawa Timur menjadi tersangka.

Mereka adalah Anggota DPRD Tulungagung, Supriyono dan Anggota DPRD Surabaya, Ratih Retnowati.

Walaupun sudah menjadi tersangka, Supriyono maupun Ratih Retnowati tidak diganti melalui Pergantian Antar Waktu (PAW) oleh partai politiknya.

Padahal, menurut Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jatim, Indah Wahyuni, anggota DPRD bisa di PAW kapanpun setelah dia dilantik menjadi wakil rakyat.

"Tidak perlu menunggu tenggang waktu, bisa di PAW kapan saja karena sudah menjadi anggota DPRD," Indah Wahyuni, Selasa (3/9/2019).

Namun jika Anggota DPRD tersebut tidak mau, maka PAW tidak dapat diproses.

"Boleh (PAW) sepanjang yang bersangkutan tidak menggugat. Kalau ada gugatan prosesnya di mahkamah partai dulu terus ke pengadilan negeri terus ke Mahkamah Agung (MA). 60 hari saja, pengadilan cepat," beber Indah Wahyuni.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi mengungkapkan, PDIP tidak akan melakukan PAW kepada Supriyono sebelum kasus yang menjeratnya inkrah atau ada kekuatan hukum tetap.

Apalagi kasus Supriyono ini tergolong baru, dimana seorang tersangka masih bisa dilantik bersama dengan anggota DPRD lainnya.

"Ini persoalannya berbeda. Kita tunggu bagaimana keputusan pengadilan, kita tunggu inkrah," ucap Kusnadi.

Penulis: Sofyan Candra Arif Sakti
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved