Berita Pamekasan

Buka Bursa Inovasi Desa Cluster II di Tiga Kecamatan Pamekasan untuk Ciptakan Produk Unggulan

Buka Bursa Inovasi Desa Cluster II di Tiga Kecamatan Pamekasan untuk Ciptakan Produk Unggulan

Buka Bursa Inovasi Desa Cluster II di Tiga Kecamatan Pamekasan untuk Ciptakan Produk Unggulan
TRIBUNMADURA/KUSWANTO FERDIAN
Pembukaan Bursa Inovasi Desa Cluster II di Pegantenan Pamekasan, Kamis (5/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Bursa Inovasi Desa Cluster II yang meliputi Kecamatan Pegantenan, Kecamatan Pakong dan Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, resmi dibuka, Kamis (5/9/2019).

Bursa Inovasi Desa Cluster II kali ini mengusung tema 'Dengan Bursa Inovasi Kita Tingkatkan Kreatifitas Dalam Membangun Desa Menuju Kemandirian'.

Prosesi pembukaan Bursa Inovasi Desa Cluster II itu digelar di Aula Pendopo Kantor Kecamatan Pegantenan dan dihadiri oleh jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pamekasan, seluruh kepala desa dari tiga kecamatan, Pegantenan, Palengaan, Pakong dan dihadiri oleh perwakilan masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Ketua Pelaksana, Mahfudzi mengatakan, dengan terselenggaranya acara Bursa Inovasi Desa Cluster II kali ini, pihaknya ingin menciptakan produk unggulan yang menjadi inovasi desa di Kecamatan Pegantenan, Palengaan dan Pakong dengan harapan satu desa satu inovasi.

"Jadi nanti diharapkan satu desa mempunyai satu inovasi yang lain dari pada desa lainnya. Dengan begitu potensi desa yang ada di Kecamatan Pegantenan, Palengaan dan Pakong bisa dikenal oleh publik luas," kata Mahfudzi.

Mahfudzi mengaku, dibukanya Bursa Inovasi Desa Cluster II hari ini, pihaknya sudah mempersiapkan gambaran mengenai inovasi desa atau potensi desa yang dimiliki oleh desa lain secara nasional.

"Tujuannya agar masyarakat yang hadir di sini punya gambaran terkait program inovasi desa yang nantinya bisa mereka gagas dan bisa mereka terapkan di desanya sendiri," ujarnya.

Sedangkan Plt Camat Pegantenan, Benny Hendriyanto mengatakan, Bursa Inovasi Desa Cluster II ini melalui inovasi desa yang sudah dipaparkan dan ditampilkan bisa ditiru dan diterapkan serta dimodif sesuai dengan karakteristik desa yang ada di Kecamatan Pegantenan, Palengaan dan Pakong.

"Sehingga potensi desa yang ada di tiga kecamatan itu bisa terekspolre dan bisa dikembangkan oleh masyarakat dan untuk masyarakat," kata Benny Hendriyanto.

Selain itu, Benny Hendriyanto mengutarakan, berkaitan dengan inovasi desa dan desa tematik pihaknya sedang menggagas serta merencanakan pasar sentra buah dan olahan buah yang akan dipusatkan di Kecamatan Pegantenan.

"Jadi di sini (Pegantenan) ada tanah kas desa yang kurang lebih dua hektare, rencananya akan kami jadikan sentra buah dan olahan buah hasil dari tanaman buah masyarakat Pegantenan," ujar Benny.

"Untuk lokasinya sudah kami survei dan sudah diukur. Targetnya sedang kami upayakan di tahun 2020 insyaallan akan rampung," sambung dia.

Hal lain disampaikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat Dinas PMD Pamekasan, Eka Juda, ia berharap agar pasca terselenggaranya Bursa Inovasi Desa Cluster II kali ini tidak hanya menjadi formalitas kegiatan semata.

"Yang jelas kami dari pihak PMD Pamekasan selalu mendukung visi misi Bupati Pamekasan yang menginginkan satu desa satu inovasi. Hal itu sebagai proses menuju penciptaan desa tematik yang akan digagas oleh Bupati kita," tandasnya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved