Protes Penahanan Suporter di Malaysia

Tuntut Malaysia Bebaskan Suporter Indonesia, Inilah Daftar Organisasi Suporter yang Aksi di Surabaya

Tuntut Malaysia Bebaskan Suporter Indonesia, Inilah Daftar Organisasi Suporter yang Turun Aksi di Surabaya

TRIBUNMADURA/NDARU WIJAYANTO
Suporter sepakbola Indonesia di Surabaya saat menggelar aksi solidaritas mengecam penahanan suporter Timnas Indonesia oleh Malaysia, di depan kantor Asprov PSSI Jatim, Jalan Ketampon, Senin (25/11/2019). 

Tuntut Malaysia Bebaskan Suporter Indonesia, Inilah Daftar Organisasi Suporter yang Turun Aksi di Surabaya

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Gabungan suporter sepakbola di Jawa Timur Surabaya menggelar aksi solidaritas di Surabaya untuk mengecam tindakan Malaysia yang menahan suporter Timnas Indonesia.

Aksi yang di ikuti ratusan suporter dari berbagai daerah di Jawa Timur itu berlangsung di depan kantor Asprov PSSI Jatim di Jalan Ketampon, pada Senin (25/11/2019).

Dalam aksinya, massa suporter menuntut agar pihak federasi yakni PSSI Pusat mengambil tindakan nyata untuk membebaskan teman mereka yang masih di tahan di Malaysia.

Tuntutan tersebut buntut dari ditahannya tiga suporter Timnas pasca babak kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Malaysia vs Indonesia, Selasa (19/11/2019) lalu.

Namun dari tiga yang ditahan, baru dua yang dibebaskan yakni Iyan Prada Wibowo dan Rifki Choirudin pada Minggu (24/11/2019) dan Andreas Setiawan masih ditahan.

"Kami ingin satu rekan kami asal bali yang masih ditahan agar bisa dibebaskan karena tidak ada niatan ancan keamanan negara lain," kata Koordinator aksi, Tulus Budi, Senin (25/11/2019).

BREAKING NEWS: Turun Jalan, Suporter Surabaya Tuntut Suporter Timnas Ditahan di Malaysia Dibebaskan

Bonek Akan Gelar Aksi Lebih Besar Hingga Didengar Jokowi dan Malaysia Bebaskan Suporter Indonesia

Massa yang tergabung dalam suporter sepakbola Indonesia di Surabaya menggelar aksi solidaritas untuk suporter Timnas Indonesia yang ditahan di Malaysia, di depan Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Senin (25/11/2019).
Massa yang tergabung dalam suporter sepakbola Indonesia di Surabaya menggelar aksi solidaritas untuk suporter Timnas Indonesia yang ditahan di Malaysia, di depan Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Senin (25/11/2019). (TRIBUNMADURA/SOFYAN ARIF CHANDRA SAKTI)

"Kami mendorong federasi hadir dalam masalah ini agar PSSI Pusat bisa pro aktif.

Makanya kita kesini agar masalah ini didorong ke pusat untuk segera selesaikan masalah ini," imbuhnya.

Menurut Tulus, ada banyak elemen suporter di yang ikut serta dalam aksi ini.

"Ada ultras garuda sesion Jatim, dari Bangkalan, Mojokerjo dan grande Indonesia Section Surabaya.

Lalu, ada juga Garuda Wani dan teman suporter lokal mulai K-Conk dan Bonek juga hadir," jelasnya.

Tulus menambahkan dibeberapa daerah juga ada aksi serupa yang mana tuntutannya meminta agar rekan suporter Timnas Indonesia yang masih di tahan di Malaysia bisa dibebaskan.

"Hari ini teman teman di Riau juga menggelar aksi. Mereka rencananya akan berdemo dalam tanda kutip mengepung konjen Malaysia," tegasnya, di kantor Asprov PSSI Jatim.

Suporter Indonesia Ditahan di Malaysia, Pemerintah Indonesia Dinilai Melempem

Suporter Timnas Disebut Teroris, Presiden K-Conk: Pemerintah Malaysia Permalukan Indonesia

Asprov PSSI Jatim Segera Surati PSSI Pusat Desak Agar Suporter yang Ditahan Malaysia Dibebaskan

Perwakilan suporter sepakbola Indonesia (kiri) saat menyampaikan aspirasi kepada Direktur Kompetisi dan Ahli Status Pemain Asprov PSSI Jatim Arif Saifudin, di Kantor PSSI Jatim, Senin (25/11/2019).
Perwakilan suporter sepakbola Indonesia (kiri) saat menyampaikan aspirasi kepada Direktur Kompetisi dan Ahli Status Pemain Asprov PSSI Jatim Arif Saifudin, di Kantor PSSI Jatim, Senin (25/11/2019). (TRIBUNMADURA/NDARU WIJAYANTO)
Penulis: Ndaru Wijayanto
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved