Berita Sampang

Pekan Olahraga Tradisional Pertama Kali Digelar di Sampang, Peserta Antusias dan Berikan Apresiasi

Selain melestarikan budaya, POR digunakan untuk uji seleksi yang nantinya bagi para pemenang akan lanjut berlaga ditingkat provinsi.

Pekan Olahraga Tradisional Pertama Kali Digelar di Sampang, Peserta Antusias dan Berikan Apresiasi
TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
Suasana pada perlombaan olahraga tradisional di Lapangan Wijaya Kusuma Kecamatan/Kabupaten Sampang, Kamis (28/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang menggelar Pekan Olahraga (POR) Tradisional.

Event tersebut digelar di Lapangan Wijaya Kusuma Kecamatan/Kabupaten Sampang, Madura dengan diikuti seratus lebih peserta.

Selain melestarikan budaya, POR digunakan untuk uji seleksi yang nantinya bagi para pemenang akan lanjut berlaga ditingkat provinsi.

Sehingga event yang pertama kali di selenggarakan itu mendapat apresiasi dari salah satu pelatih dari peserta yang antusias mengikuti perlombaan, yakni grup Voreta, Sugianto.

"Saya sangat mengapresiasi perlombaan ini karena event ini baru pertama kali kami ikuti,  sebelumnya kami hanya berlaga antar kampung saja" ujarnya kepada  TribunMadura.com, Kamis (28/11/2019).

Sugianto berharap, kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahun, supaya permainan tradisional tidak termakan oleh zaman.

Sebab anak-anak saat ini kebanyakan menggemari gadget.

"Sudah banyak yang melupakan permainan tradisional, semoga dengan kegiatan ini permainan tradisional kembali dimainkan anak-anak," harapnya.

Pria asal Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang tersebut menambahkan, pihaknya akan terus melestarikan permainan tradisional tersebut hingga nantinya banyak yang mengikuti jejaknya.

"Selain mengikuti event tingkat kabupaten, kami juga akan melaksanakan lomba permainan tradisional tingkat kampung yang tujuannya untuk menjaga kelestarian permainan tradisional," imbuhnya.

Sementara, Plt Disporabudpar Sampang, Imam Sanusi mengatakan, kegiatan Pekan Olahraga (POR) Tradisional, merupakan event untuk menjaring atlet serta mencari referensi atlet untuk dipersiapkan di tingkat provinsi.

Terdapat tiga jenis olahraga tradisional yang diperlombakan, yakni hadang, terompah dan enggrang.

"Olahraga tradisional kita persiapkan pada tahun 2020 untuk event tingkat provinsi," singkatnya.

Viral Video Wanita Korban Pemerkosaan Menangis, Saksi: Rambutnya Penuh Daun Kering dan Acak-Acakan

Pria Mengaku Tak Makan dan Minum Selama 70 Tahun, Dokter Temukan Hal Mengejutkan saat Menelitinya

Penulis: Hanggara Pratama
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved