Berita Sampang

Sumur Bor Milik PDAM Trunojoyo Sampang Kondisinya Mengenaskan

Sumur Bor Milik PDAM Trunojoyo Sampang Kondisinya Mengenaskan dan Kering Kerontang.

Sumur Bor Milik PDAM Trunojoyo Sampang Kondisinya Mengenaskan
TRIBUNMADURA/HANGGARA PRATAMA
Kondisi sumur bor PDAM Trunojoyo Sampang tak operasi & mengenaskan, Senin (2/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Meskipun hujan beberapa kali turun mengguyur Kabupaten Sampang, Madura, hal itu tidak cukup membuat perubahan debit air sumur bor milik PDAM Trunojoyo Sampang.

Pasalnya kekerengingan berkepanjangan di musim ini membuat debit air sumur bor PDAM Sampang mengalami kekeringan ekstrem.

Bagian Teknis PDAM Trunojoyo Sampang, Busri mengatakan, musim kemarau saat ini membuat debit air yang dimilikinya mengalami penurunan drastis.

Sehingga dibit air pada seluruh sumur di Sampang rata-rata tinggal 15 liter.

Parahnya, malah terdapat beberapa sumur yang mengalami kekosongan air, sehingga tidak lagi terpakai.

"Kemarin beberapa kali turun hujan tapi tidak menambah debit air, kecuali debit air akan bertambah jika Sampang diguyur hujan hingga satu atau dua bulan," ujarnya kepada TribunMadura.com, Senin (2/12/2019).

Dijelaskan, jumlah sumur bor yang dimiliki oleh PDAM Trunojoyo Sampang sebanyak 26 unit yang tersebar se Kabupaten Sampang.

"Dari puluhan sumur tersebut yang aktif ada 17 sumur, sedangkan sisanya sebanyak sembilan sumur saat ini mengalami kekosongan debit air, sehingga tidak terpakai," jelasnya.

Busri menambahkan, dampak dari debit air sumur bor yang berkurang dan habis membuat sejumlah saluran air ke pemukiman warga mayoritas mengalami kemacetan, tepatnya di wilayah perkotaan Sampang.

"Kebanyakan wilayah di perkotaan mengalami kemacetan, kecuali di wilayah Kota Bagian Timur, sebab dataran rendah," ucapnya.

Mengalami hal itu, pihaknya berinisiatif pada bulan ini akan menggunakan sumur cadangan baru yang berada di sumur bor Ruberuh.

"Untuk persiapanya kami tinggal melengkapi perlengkapan seperti pipa yang akan dimasukkan ke dalam sumur, sedangkan pompang sudah ada," pungkasnya.

Penulis: Hanggara Pratama
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved